Ketika Hijrah Menjadi Pilihan

Image
Bismillah!
Ceritanya hampir 2 minggu lalu, seorang kolega di sarang elang yang kini sudah berhijrah dan rajin mengirimi saya agenda kajian-kajian sunnah di seluruh penjuru Bintaro, BSD, dan sekitarnya mengirimi saya flyer tentang kajian hijrah yang digelar hasil kerja bareng MT Khoirotunnisa, nge-Fast, dan komunitas yukngaji!
Yang menarik dari kajian ini adalah kita semacam dibantu untuk kembali menemukan hakikat hidup yang sebenarnya sebelum berhijrah. Karena terkadang kita yang terlahir Islam menganggap sepele sebuah hakikat ke-Tauhid-an. Tahu adanya kewajiban shalat lima waktu dan ibadah lainnya, tapi tak pernah paham esensinya. Tahu kalau kita harus datang ke kajian, tapi kadang kita masih tebang pilih syariat, bahkan terkadang 'tidak berani' melangkah terlalu jauh. Tahu kalau tak ada sehelai daun yang jatuh tanpa sepengetahuan Allah, tapi tetap menangis meraung-raung ketika ujian datang. 
Dan di kajian sebanyak 9 kali pertemuan ini mengulas tuntas esensi hijrah, tentang mafa…

Tips Menggunakan THR


Asyik, sebentar lagi uang THR alias Tunjangan Hari Raya turun. Eits, tunggu dulu! Jangan langsung dihabiskan! Lakukan langkah berikut ini, agar Anda tidak langsung 'kere' selepas lebaran!

1. Prioritaskan Untuk Hari Raya

Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya, maka uang ini memang ditujukan untuk digunakan pada Hari Raya Lebaran. Jadi prioritaskan penggunaannya untuk keperluan Lebaran, seperti ongkos mudik, baju lebaran, kue lebaran atau malah angpau. Meski diprioritaskan untuk Hari Raya, bukan berarti Anda bisa menghabiskan semua uang THR untuk hal ini ya. Karena setelah lebaran atau mudik, Anda masih harus bertahan hidup hingga gajian selanjutnya. Tidak boleh boros bukan berarti harus pelit.
2. Pisahkan Uang Untuk Ditabung
Seringkali permasalahan utama yang menghalangi orang untuk menabung adalah karena tidak punya uang lebih untuk ditabung. Nah, Uang THR ini bisa dibilang 'uang kaget' yang bisa digunakan untuk menambah saldo di bank. Setidaknya sisihkan sekira 10% dari THR Anda.
3. Pakai Untuk Bayar Hutang Atau Dana Darurat
Hayo ngaku! Siapa yang masih punya hutang atau cicilan? Nah, mumpung dapat THR, bayar utang dahulu. Mempunyai hutang yang berlarut-larut hanya akan memberatkan finansial Anda. Anda akan semakin sulit menabung karena uangnya habis untuk bayar bunga berbunga.
Tidak punya hutang? Bagus! Nah sisihkan saja untuk dana darurat, Jadi presentasi untuk bayar hutang dan dana darurat ini 15 persen dari THR. 
4. Sisihkan Untuk Investasi
Mumpung ada THR, mungkin Anda bisa memanfaatkannya untuk berinvestasi di tabungan jangka panjang atau modal bisnis. Gunakan 10 persen dari uang THR untuk investasi ya. 
5. Zakat, Infaq dan Sedekah.
Ingat! Sebagian dari harta kita ada milik orang lain. Selagi di bulan suci, saatnya Anda banyak berbagi untuk yang membutuhkan. Agar ke depannya rezeki makin berlimpah.
Nah, sudah tahu kan mau dialokasikan untuk apa saja uang THR Anda?

Comments

  1. Terima kasih tipsnyaaa.. ini nih yg suka dilupakan orang yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbak.....hehehhe buat pengingat saya juga sih. Salam kenal

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Resolusi Tahun 2019

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak