Resolusi Tahun 2020

Image
Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di awal tahun 2020. Tahun yang dulu saya pikir sangat 'sophisticated' seperti film The Matrix dan Science Fiction lainnya yang mengumbar kecanggihan tahun 2020. Atau malah awal dari apocalypse dunia.
Ternyata tahun 2020 tidak seheboh bayangan masa kecil saya, dimana dunia sudah sedemikian canggih dan penuh robot. Walau memang lebih canggih untuk beberapa inovasi, tapi ya masih tidak terlalu signifikan. 
"Yang canggih mah canggih. Yang terbelakang ya tetap terbelakang, susah listrik apalagi jaringan internet."
Lalu apa resolusi tahun barumu? Masihkah target-target dunia masuk dalam list?
Al-Qur’an surat al-Anbiyâ’ (21): 35 dan al-Ankabût (29): 57 menyebutkan bahwa semua yang bernyawa akan mati. Bahkan dalam surat al-A’râf (7): 34 ditegaskan bahwa semua umat mempunyai ajal (batas waktu) yang telah ditentukan oleh Allah. Ketika ajal tersebut sudah tiba, maka tidak bisa ditunda ataupun dipercepat barang sesaatpun. Namun demikian, kematian bu…

Tips Menggunakan THR


Asyik, sebentar lagi uang THR alias Tunjangan Hari Raya turun. Eits, tunggu dulu! Jangan langsung dihabiskan! Lakukan langkah berikut ini, agar Anda tidak langsung 'kere' selepas lebaran!

1. Prioritaskan Untuk Hari Raya

Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya, maka uang ini memang ditujukan untuk digunakan pada Hari Raya Lebaran. Jadi prioritaskan penggunaannya untuk keperluan Lebaran, seperti ongkos mudik, baju lebaran, kue lebaran atau malah angpau. Meski diprioritaskan untuk Hari Raya, bukan berarti Anda bisa menghabiskan semua uang THR untuk hal ini ya. Karena setelah lebaran atau mudik, Anda masih harus bertahan hidup hingga gajian selanjutnya. Tidak boleh boros bukan berarti harus pelit.
2. Pisahkan Uang Untuk Ditabung
Seringkali permasalahan utama yang menghalangi orang untuk menabung adalah karena tidak punya uang lebih untuk ditabung. Nah, Uang THR ini bisa dibilang 'uang kaget' yang bisa digunakan untuk menambah saldo di bank. Setidaknya sisihkan sekira 10% dari THR Anda.
3. Pakai Untuk Bayar Hutang Atau Dana Darurat
Hayo ngaku! Siapa yang masih punya hutang atau cicilan? Nah, mumpung dapat THR, bayar utang dahulu. Mempunyai hutang yang berlarut-larut hanya akan memberatkan finansial Anda. Anda akan semakin sulit menabung karena uangnya habis untuk bayar bunga berbunga.
Tidak punya hutang? Bagus! Nah sisihkan saja untuk dana darurat, Jadi presentasi untuk bayar hutang dan dana darurat ini 15 persen dari THR. 
4. Sisihkan Untuk Investasi
Mumpung ada THR, mungkin Anda bisa memanfaatkannya untuk berinvestasi di tabungan jangka panjang atau modal bisnis. Gunakan 10 persen dari uang THR untuk investasi ya. 
5. Zakat, Infaq dan Sedekah.
Ingat! Sebagian dari harta kita ada milik orang lain. Selagi di bulan suci, saatnya Anda banyak berbagi untuk yang membutuhkan. Agar ke depannya rezeki makin berlimpah.
Nah, sudah tahu kan mau dialokasikan untuk apa saja uang THR Anda?

Comments

  1. Terima kasih tipsnyaaa.. ini nih yg suka dilupakan orang yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbak.....hehehhe buat pengingat saya juga sih. Salam kenal

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina