MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Tips Menggunakan THR


Asyik, sebentar lagi uang THR alias Tunjangan Hari Raya turun. Eits, tunggu dulu! Jangan langsung dihabiskan! Lakukan langkah berikut ini, agar Anda tidak langsung 'kere' selepas lebaran!

1. Prioritaskan Untuk Hari Raya

Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya, maka uang ini memang ditujukan untuk digunakan pada Hari Raya Lebaran. Jadi prioritaskan penggunaannya untuk keperluan Lebaran, seperti ongkos mudik, baju lebaran, kue lebaran atau malah angpau. Meski diprioritaskan untuk Hari Raya, bukan berarti Anda bisa menghabiskan semua uang THR untuk hal ini ya. Karena setelah lebaran atau mudik, Anda masih harus bertahan hidup hingga gajian selanjutnya. Tidak boleh boros bukan berarti harus pelit.
2. Pisahkan Uang Untuk Ditabung
Seringkali permasalahan utama yang menghalangi orang untuk menabung adalah karena tidak punya uang lebih untuk ditabung. Nah, Uang THR ini bisa dibilang 'uang kaget' yang bisa digunakan untuk menambah saldo di bank. Setidaknya sisihkan sekira 10% dari THR Anda.
3. Pakai Untuk Bayar Hutang Atau Dana Darurat
Hayo ngaku! Siapa yang masih punya hutang atau cicilan? Nah, mumpung dapat THR, bayar utang dahulu. Mempunyai hutang yang berlarut-larut hanya akan memberatkan finansial Anda. Anda akan semakin sulit menabung karena uangnya habis untuk bayar bunga berbunga.
Tidak punya hutang? Bagus! Nah sisihkan saja untuk dana darurat, Jadi presentasi untuk bayar hutang dan dana darurat ini 15 persen dari THR. 
4. Sisihkan Untuk Investasi
Mumpung ada THR, mungkin Anda bisa memanfaatkannya untuk berinvestasi di tabungan jangka panjang atau modal bisnis. Gunakan 10 persen dari uang THR untuk investasi ya. 
5. Zakat, Infaq dan Sedekah.
Ingat! Sebagian dari harta kita ada milik orang lain. Selagi di bulan suci, saatnya Anda banyak berbagi untuk yang membutuhkan. Agar ke depannya rezeki makin berlimpah.
Nah, sudah tahu kan mau dialokasikan untuk apa saja uang THR Anda?

Comments

  1. Terima kasih tipsnyaaa.. ini nih yg suka dilupakan orang yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbak.....hehehhe buat pengingat saya juga sih. Salam kenal

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial