Perempuan itu Bernama Kartini

Image
(repost pernah dimuat di jakartakita.com)

Hari ini (21/4/2019), 140 tahun lalu lahirlah seorang Kartini yang dianggap sebagai tokoh wanita pengusung emansipasi wanita. Begitu istimewanya Raden Ajeng Kartini, hingga hari lahirnya setiap tahun selalu diperingati oleh seluruh warga Indonesia. Tak hanya sekedar dijadikan hari khusus setiap tanggal 21 April. Sejumlah seremonial simbolis pun menjadi bagian dari peringatan ini. Dari pawai keliling anak-anak yang berpakaian adat nasional, lomba kebaya, lomba memasak, dan lain-lainnya.
Seminar seputar peran serta perempuan di era modern yang katanya terinspirasi oleh perjuangan Kartini pun selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap peringatan. Kartini pun menjadi simbol dari sebuah pergerakan feminisme. Entah apakah mereka tahu apa sebenarnya arti feminisme. Apakah demikian yang dicita-citakan seorang Kartini?
Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara. Lahir sebagai perempuan dari kalangan ningrat yang me…

10 Blog Favorit untuk Blog Walking




Akhirnya sampai di hari ke-16 #BPN30DayBlogChallenge2018. Hari ini temanya 10 blog favorit untuk tujuan blog walking. Ini sungguh salah satu pertanyaan yang sulit.

Selain 5 blogger favorit yang tempo hari pernah saya balas. Selebihnya saya lebih sering blogwalking dari link yang kebetulan saya lihat dan artikelnya bagus. Atau kunjungan balasan kepada para blogger yang berkunjung ke lapak saya. 

Memilah-milah dari sekian banyak blog bagus adalah cukup sulit bagi saya. Sepertinya kali ini saya akan membahas 10 blog para dedengkot Blogger Perempuan Network.


1. https://shintaries.com
Ini dia co-founder Blogger Perempuan Network (BPN). Ibu dua anak yang hobi traveling ini sebenarnya sudah mulai nge-blog dari tahun 2005, namun baru nge-blog secara profesional sejak tahun 2012.

Kalau dilihat dari tampilan dan isi blog. Sudah jelas, ibu Shinta ini memang blogger professional. Ia juga salah stau yang membesarkan BPN. 

Blog-nya berisi catatan hariannya yang 'gado-gado'. Tentang jalan-jalannya, anak-anaknya, review produk dan lain-lain yang 'perempuan' banget.










2. https://almazia.co
Co-founder BPN yang lain adalah Alma. Mantan marketer alat kesehatan ini banting stir jadi blogger profesional yang juga desain grafis.

Isi blog-nya banyak tentang ilmu nge-blog dan desain, selain tentang gaya hidup dan jalan-jalan.

3. https://travellumy.com
Sesuai namanya, blog ini memang blog jalan-jalan. Isinya catatan perjalanan Dyane Dorothy. Ia tak hanya menulis soal kuliner, hotel, dan hal-hal seru yang ditemui di jalan. Dyane pun mengangkat etnik Indonesia terutama budaya Jawa.


4. http://www.alaikaabdullah.com
Ini dia community relation yang suka meng-update Facebook BPN. Secara garis besar isinya adalah keseharian mbak Alaika. Tapi banyak juga review produk yang cukup obyektif menurut saya.

Cerita yang paling seru tentang Dijah yang memergoki pasangan muda ML di toilet rumah makan. Waduh?!?


5. https://desyyusnita.com
Pemilik blog ini mamah muda. Isi blognya lebih banyak tentang parenting, review service atau produk untuk anak. Walaupun fashion dan beauty juga mewarnai blog ini. 


6. https://nunikutami.com
Penulis 'papan atas' yang sudah melahirkan lebih dari 50 buku, ratusan artikel dan cerpen di berbagai media baik online maupun offline. Sering dipanggil jadi trainer kepenulisan. Jagoan internet marketing.

Isi blognya lebih banyak tentang keseharian, beauty & fashion juga parenting.


7. http://putrikpm.com
Seorang Social Media Specialist di perusahaan yang bergerak di bidang hospitality di Jakarta. Seorang lifestyle blogger juga. Isi postingannya memang menyasar perempuan berusia 17-35 tahun, terutama buat mereka yang butuh info review produk kosmetika.



8. https://www.novariany.com
Lajang Bogor yang hobi menulis, penyuka warna biru garis keras dan karakter doraemon ini termasuk professional blogger yang hobi wira-wiri demi mendapatkan 'berita' untuk blog-nya. Makanya kalau dilihat isi blog-nya mirip media online, dari liputan seminar, sampai review produk. Curhatannya tidak sebanyak blog saya yang banyak galaunya. hahahha


9. http://www.aprijanti.com

Mbak Aprijanti ini juga hobi mereview produk kosmetika. Selain topik jalan-jalan dan wisata kuliner. Mbak Aprijanti juga suka membagikan tips hubungan. Termasuk cara mengajak mantan balikan.

10. http://www.ivegotago.com
Pemilik blog ini ternyata satu almamater dengan saya, Institut Pertanian Bogor. Tetapi beda angkatan jauh. Ini sekaligus menegaskan bahwa IPB memang cocok digelari Institut Publisistik Bogor.

Saya suka blog ini karena ulasannya tentang traveling. Mengingat traveling adalah salah satu obsesi saya yang terpendam. Dan hasil jepretan fotonya bagus-bagus.

Nah...ini dia 10 blog yang suka saya sambangin selain blog-blog kamu yang suka berkunjung kesini. Terima kasih ya sudah berkunjung....

Comments

  1. Mba Shinta dan mba Al familier deh, mba Al banyak banget ya blog nya.
    Keren banget mah beliau :)

    Yang lain juga keren2, mau saya kunjungi juga ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya mereka jadi 'dedengkot' BPN ya....

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resolusi Tahun 2019

5 Blogger Favorit Saya

Liburan 'Backpacker' Kaum Jetset