MANUSIA: Khalifah di Muka Bumi

Image
Nama Nabi Adam Alaihisalam.disebut dalam Al-Quran sebanyak  25 kali di beberapa surah dalam Al Quran. Dalil-dalil tentang penciptaan nabi Adam bisa kita jumpai pada surah al-Baqoroh ayat (30-39) Allah berfirman "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi," Mereka berkata "Apakah Engkau akan menjadikan orang yang akan merusak dan menumpahkan darah disana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan mensucikan nama-Mu?Dia (Allah) Berfirman "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"
Sekilas dari ayat tersebut, malaikat yang bertanya pada Allah terkesan meragukan keputusan Allah untuk menciptakan makhluk bernama manusia. Sebenarnya malaikat adalah makhluk Allah yang tak akan pernah menolak perintah Allah, pertanyaan malaikat itu lebih kepada penasaran, ingin mencari tahu dan memohon penjelasan agar dapat dijadikan hikmah bagi mereka bukan sebagai bentuk penolakan akan apa yang diciptakan oleh Alla…

Resep Nasi Goreng Jawa


Nasi goreng adalah salah satu makanan favorit, mayoritas orang Indonesia. Tak peduli sarapan, makan siang dan makan malam, nasi goreng bisa jadi pilihan. 

Bahkan tak hanya orang Indonesia, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga sempat tergila-gila akan citarasa nasi goreng Indonesia. Nasi goreng bagi Obama tidak hanya sebagai makanan favorit, tetapi ada secuil kenangan akan masa kecilnya di Indonesia yang tak akan pernah dilupakannya.

Hampir 9 tahun silam, saya pernah menulis novel berjudul 'Nasi Goreng Untuk Obama'. Ini sebenarnya novel yang dibuat tidak pakai mikir, dan hanya butuh kurang dari sebulan untuk lebih dari 400 halaman. Kebetulan waktu itu Obama sedang berkunjung ke Indonesia.

Dan di dalamnya ada juga resep nasi goreng. Nah kali ini saya mau membagikan salah satu resep nasi goreng yang ada di dalam buku tersebut yang saya suka.



Nasi Goreng Jawa

Bahan-bahan :
500 gr nasi putih
3 sdm minyak untuk menumis
3 helai daun bawang, iris kasar
1 sdm kecap manis
garam secukupnya

Bumbu Halus
5 btr bawang merah
2 siung bawang putih
6 buah cabai merah
1/2 bh tomat
1/2 sdm terasi bakar

Pelengkap :
irisan telur dadar, irisan tomat dan irisan mentimun

Cara Membuat :
Tumis bumbu/bahan yang dihaluskan sampai berbau harum. Masukkan nasi, aduk agar bercampur rata dengan bumbu.
Tambahkan irisan daun bawang dan kecap manis serta garam, aduk-aduk lagi hingga semua benar-benar rata.
Hidangkan bersama pelengkap.


Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Resolusi Tahun 2019