Resolusi Tahun 2020

Image
Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di awal tahun 2020. Tahun yang dulu saya pikir sangat 'sophisticated' seperti film The Matrix dan Science Fiction lainnya yang mengumbar kecanggihan tahun 2020. Atau malah awal dari apocalypse dunia.
Ternyata tahun 2020 tidak seheboh bayangan masa kecil saya, dimana dunia sudah sedemikian canggih dan penuh robot. Walau memang lebih canggih untuk beberapa inovasi, tapi ya masih tidak terlalu signifikan. 
"Yang canggih mah canggih. Yang terbelakang ya tetap terbelakang, susah listrik apalagi jaringan internet."
Lalu apa resolusi tahun barumu? Masihkah target-target dunia masuk dalam list?
Al-Qur’an surat al-Anbiyâ’ (21): 35 dan al-Ankabût (29): 57 menyebutkan bahwa semua yang bernyawa akan mati. Bahkan dalam surat al-A’râf (7): 34 ditegaskan bahwa semua umat mempunyai ajal (batas waktu) yang telah ditentukan oleh Allah. Ketika ajal tersebut sudah tiba, maka tidak bisa ditunda ataupun dipercepat barang sesaatpun. Namun demikian, kematian bu…

Resep Nasi Goreng Jawa


Nasi goreng adalah salah satu makanan favorit, mayoritas orang Indonesia. Tak peduli sarapan, makan siang dan makan malam, nasi goreng bisa jadi pilihan. 

Bahkan tak hanya orang Indonesia, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga sempat tergila-gila akan citarasa nasi goreng Indonesia. Nasi goreng bagi Obama tidak hanya sebagai makanan favorit, tetapi ada secuil kenangan akan masa kecilnya di Indonesia yang tak akan pernah dilupakannya.

Hampir 9 tahun silam, saya pernah menulis novel berjudul 'Nasi Goreng Untuk Obama'. Ini sebenarnya novel yang dibuat tidak pakai mikir, dan hanya butuh kurang dari sebulan untuk lebih dari 400 halaman. Kebetulan waktu itu Obama sedang berkunjung ke Indonesia.

Dan di dalamnya ada juga resep nasi goreng. Nah kali ini saya mau membagikan salah satu resep nasi goreng yang ada di dalam buku tersebut yang saya suka.



Nasi Goreng Jawa

Bahan-bahan :
500 gr nasi putih
3 sdm minyak untuk menumis
3 helai daun bawang, iris kasar
1 sdm kecap manis
garam secukupnya

Bumbu Halus
5 btr bawang merah
2 siung bawang putih
6 buah cabai merah
1/2 bh tomat
1/2 sdm terasi bakar

Pelengkap :
irisan telur dadar, irisan tomat dan irisan mentimun

Cara Membuat :
Tumis bumbu/bahan yang dihaluskan sampai berbau harum. Masukkan nasi, aduk agar bercampur rata dengan bumbu.
Tambahkan irisan daun bawang dan kecap manis serta garam, aduk-aduk lagi hingga semua benar-benar rata.
Hidangkan bersama pelengkap.


Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Pecak Timun Betawi