Lelaki Dayuts

Image
ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya (dayuts).” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain) Lalu siapakah lelaki Dayuts itu? Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu tetap menganggap baik pada keluarganya (padahal ada kemungkaran yang nyata -pen), kita berlindung kepada Allâh dari hal itu. [Al-Kabâ-ir, hlm. 137] Imam Ibnul Manzhûr berkata, “Dayûts adalah orang yang tidak cemburu kepada keluarganya”. [Lisânul ‘Arab, 4/456] Sedang Imam ‘Ali al-Qâri rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu dengan mendiamkannya. Yang masuk dalam ketagoeri keluarganya yaitu istriny…

Resep Nasi Goreng Jawa


Nasi goreng adalah salah satu makanan favorit, mayoritas orang Indonesia. Tak peduli sarapan, makan siang dan makan malam, nasi goreng bisa jadi pilihan. 

Bahkan tak hanya orang Indonesia, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga sempat tergila-gila akan citarasa nasi goreng Indonesia. Nasi goreng bagi Obama tidak hanya sebagai makanan favorit, tetapi ada secuil kenangan akan masa kecilnya di Indonesia yang tak akan pernah dilupakannya.

Hampir 9 tahun silam, saya pernah menulis novel berjudul 'Nasi Goreng Untuk Obama'. Ini sebenarnya novel yang dibuat tidak pakai mikir, dan hanya butuh kurang dari sebulan untuk lebih dari 400 halaman. Kebetulan waktu itu Obama sedang berkunjung ke Indonesia.

Dan di dalamnya ada juga resep nasi goreng. Nah kali ini saya mau membagikan salah satu resep nasi goreng yang ada di dalam buku tersebut yang saya suka.



Nasi Goreng Jawa

Bahan-bahan :
500 gr nasi putih
3 sdm minyak untuk menumis
3 helai daun bawang, iris kasar
1 sdm kecap manis
garam secukupnya

Bumbu Halus
5 btr bawang merah
2 siung bawang putih
6 buah cabai merah
1/2 bh tomat
1/2 sdm terasi bakar

Pelengkap :
irisan telur dadar, irisan tomat dan irisan mentimun

Cara Membuat :
Tumis bumbu/bahan yang dihaluskan sampai berbau harum. Masukkan nasi, aduk agar bercampur rata dengan bumbu.
Tambahkan irisan daun bawang dan kecap manis serta garam, aduk-aduk lagi hingga semua benar-benar rata.
Hidangkan bersama pelengkap.


Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Resolusi Tahun 2019