Kamu Dimana?

Image
Hari mulai senja, sambil menyeruput kopi dingin di sebuah kafe bernama Kafe Kenangan. Satu persatu kenangan akan dirimu berseliweran tanpa permisi di pelupuk mata. Senyum manis yang tersungging di wajah perpaduan Arab dan Batak, pupil mata coklat, dan bulu mata lentikmu seakan nyata di depanku. 
Kamu tahu kan, kalau aku tidak pernah menyukai kopi. Asam lambungku bisa naik bila menyesap kopi. Meski sama-sama kafein, lambungku lebih bersahabat dengan teh. Tapi sore ini, atas nama kenangan, aku ingin menyicipi kopi kegemaranmu.
Tiba-tiba, alam pikiranku mundur ke hampir 19 tahun lalu. Gadis manis berwajah Arab itu duduk tanpa kerudung di kelas yang masih sepi. Aku berbasa-basi sejenak, sebelum menyodorkan tangan kananku. "Risma..."
Kamu bingung, mata coklatmu menatapku tajam. Kemudian tersenyum dan menyambut tanganku, "Khadijah Hasibuan..."
"Oh....orang Batak?" Tanyaku sok tahu.
"Tepatnya Tapanuli Selatan..."
Dan aku ber-o ria. 
"Aku dari Jak…

Masak Ketupat Tanpa Ribet di Panci Presto


Selepas berpuasa sebulan penuh, tiba saatnya umat Islam menyambut hari lebaran. Lebaran bagi orang Indonesia, rasanya tak lengkap tanpa kehadiran ketupat. Namun, memasak ketupat dengan cara biasa butuh waktu lama. Belum menakar beras dalam kulit ketupat atau janur, kemudian merebusnya berjam-jam.

Memasak ketupat yang empuk memang gampang-gampang susah. Selain kita harus memilih janur yang baik, takaran beras yang pas, dan merebusnya.

Ingin lekas empuk? Rebus saja dengan panci presto, dijamin lebih cepat!

Bagi Anda yang ingin menjajal memasak ketupat agar lekas empuk, bisa mengikuti langkah berikut ini:
1. Takaran Beras
Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit kemudian ditiriskan. Jika Anda menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.
2. Merebus dengan Panci Presto
Siapkan panci presto yang sudah diisi air. Pastikan ketupat berisi beras yang dimasukkan bisa terendam sempurna di dalam air. Kemudian masak hingga mendidih. Biasanya panci presto akan berbunyi nyaring jika sudah mendidih.

Kemudian kecilkan api,  masak lagi selama 1 jam dengan api sedang.
Sebelum membuka tutup panci presto, keluarkan uap dari panci presto. Setelah sukses membuka tutup panci presto, ambil ketupatnya, tiriskan lalu gantung atau angin-anginkan hingga dingin.
4. Cara Penyimpanan
Anda bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. 

Untuk menghangatkannya kembali, Anda bisa mengukusnya atau taruh di magic com. Ketupat yang masih tertutup rapat dalam kulitnya akan lebih tahan lama ketimbang ketupat biasa.

Comments

Popular posts from this blog

Resolusi Tahun 2019

5 Blogger Favorit Saya

Liburan 'Backpacker' Kaum Jetset