Resolusi Tahun 2020

Image
Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di awal tahun 2020. Tahun yang dulu saya pikir sangat 'sophisticated' seperti film The Matrix dan Science Fiction lainnya yang mengumbar kecanggihan tahun 2020. Atau malah awal dari apocalypse dunia.
Ternyata tahun 2020 tidak seheboh bayangan masa kecil saya, dimana dunia sudah sedemikian canggih dan penuh robot. Walau memang lebih canggih untuk beberapa inovasi, tapi ya masih tidak terlalu signifikan. 
"Yang canggih mah canggih. Yang terbelakang ya tetap terbelakang, susah listrik apalagi jaringan internet."
Lalu apa resolusi tahun barumu? Masihkah target-target dunia masuk dalam list?
Al-Qur’an surat al-Anbiyâ’ (21): 35 dan al-Ankabût (29): 57 menyebutkan bahwa semua yang bernyawa akan mati. Bahkan dalam surat al-A’râf (7): 34 ditegaskan bahwa semua umat mempunyai ajal (batas waktu) yang telah ditentukan oleh Allah. Ketika ajal tersebut sudah tiba, maka tidak bisa ditunda ataupun dipercepat barang sesaatpun. Namun demikian, kematian bu…

Masak Ketupat Tanpa Ribet di Panci Presto


Selepas berpuasa sebulan penuh, tiba saatnya umat Islam menyambut hari lebaran. Lebaran bagi orang Indonesia, rasanya tak lengkap tanpa kehadiran ketupat. Namun, memasak ketupat dengan cara biasa butuh waktu lama. Belum menakar beras dalam kulit ketupat atau janur, kemudian merebusnya berjam-jam.

Memasak ketupat yang empuk memang gampang-gampang susah. Selain kita harus memilih janur yang baik, takaran beras yang pas, dan merebusnya.

Ingin lekas empuk? Rebus saja dengan panci presto, dijamin lebih cepat!

Bagi Anda yang ingin menjajal memasak ketupat agar lekas empuk, bisa mengikuti langkah berikut ini:
1. Takaran Beras
Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit kemudian ditiriskan. Jika Anda menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.
2. Merebus dengan Panci Presto
Siapkan panci presto yang sudah diisi air. Pastikan ketupat berisi beras yang dimasukkan bisa terendam sempurna di dalam air. Kemudian masak hingga mendidih. Biasanya panci presto akan berbunyi nyaring jika sudah mendidih.

Kemudian kecilkan api,  masak lagi selama 1 jam dengan api sedang.
Sebelum membuka tutup panci presto, keluarkan uap dari panci presto. Setelah sukses membuka tutup panci presto, ambil ketupatnya, tiriskan lalu gantung atau angin-anginkan hingga dingin.
4. Cara Penyimpanan
Anda bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. 

Untuk menghangatkannya kembali, Anda bisa mengukusnya atau taruh di magic com. Ketupat yang masih tertutup rapat dalam kulitnya akan lebih tahan lama ketimbang ketupat biasa.

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Pecak Timun Betawi