MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Masak Ketupat Tanpa Ribet di Panci Presto


Selepas berpuasa sebulan penuh, tiba saatnya umat Islam menyambut hari lebaran. Lebaran bagi orang Indonesia, rasanya tak lengkap tanpa kehadiran ketupat. Namun, memasak ketupat dengan cara biasa butuh waktu lama. Belum menakar beras dalam kulit ketupat atau janur, kemudian merebusnya berjam-jam.

Memasak ketupat yang empuk memang gampang-gampang susah. Selain kita harus memilih janur yang baik, takaran beras yang pas, dan merebusnya.

Ingin lekas empuk? Rebus saja dengan panci presto, dijamin lebih cepat!

Bagi Anda yang ingin menjajal memasak ketupat agar lekas empuk, bisa mengikuti langkah berikut ini:
1. Takaran Beras
Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit kemudian ditiriskan. Jika Anda menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.
2. Merebus dengan Panci Presto
Siapkan panci presto yang sudah diisi air. Pastikan ketupat berisi beras yang dimasukkan bisa terendam sempurna di dalam air. Kemudian masak hingga mendidih. Biasanya panci presto akan berbunyi nyaring jika sudah mendidih.

Kemudian kecilkan api,  masak lagi selama 1 jam dengan api sedang.
Sebelum membuka tutup panci presto, keluarkan uap dari panci presto. Setelah sukses membuka tutup panci presto, ambil ketupatnya, tiriskan lalu gantung atau angin-anginkan hingga dingin.
4. Cara Penyimpanan
Anda bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. 

Untuk menghangatkannya kembali, Anda bisa mengukusnya atau taruh di magic com. Ketupat yang masih tertutup rapat dalam kulitnya akan lebih tahan lama ketimbang ketupat biasa.

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial