Lelaki Dayuts

Image
ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya (dayuts).” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain) Lalu siapakah lelaki Dayuts itu? Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu tetap menganggap baik pada keluarganya (padahal ada kemungkaran yang nyata -pen), kita berlindung kepada Allâh dari hal itu. [Al-Kabâ-ir, hlm. 137] Imam Ibnul Manzhûr berkata, “Dayûts adalah orang yang tidak cemburu kepada keluarganya”. [Lisânul ‘Arab, 4/456] Sedang Imam ‘Ali al-Qâri rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu dengan mendiamkannya. Yang masuk dalam ketagoeri keluarganya yaitu istriny…

Memaafkan Tapi Tidak Melupakan


Siapa yang tidak pernah marah sepanjang hidupnya? Saya yakin pasti tidak ada orang yang tidak pernah marah. 

Tetapi pernah tidak kamu marah dengan seseorang yang sudah sangat keterlaluan melukai kamu, hingga kamu sulit memaafkan. Meskipun akhirnya kamu memilih untuk memaafkannya, tetapi rasanya berat sekali untuk melupakan setiap goresan yang pernah melukai hati kamu oleh ulahnya.

Saya pernah!

Kalau saja, Allah yang Maha Pemaaf tidak menyuruh umat-Nya untuk memaafkan. Mungkin saya pilih untuk tidak memaafkan selama-lamanya. 

Akhirnya saya memang memaafkan, tetapi saya belum bisa melupakannya. Makanya saya pilih menghilang dan menghindar hingga waktu membantu saya melupakannya. Apalagi ini kesalahannya terlalu banyak, dan ditutup dengan kesalahan terfatal. Jadi saya susah untuk menghapusnya dari memori.

Forgivebut please don't forgetForgive and forget are not synonymous



Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Resolusi Tahun 2019