MANUSIA: Khalifah di Muka Bumi

Image
Nama Nabi Adam Alaihisalam.disebut dalam Al-Quran sebanyak  25 kali di beberapa surah dalam Al Quran. Dalil-dalil tentang penciptaan nabi Adam bisa kita jumpai pada surah al-Baqoroh ayat (30-39) Allah berfirman "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi," Mereka berkata "Apakah Engkau akan menjadikan orang yang akan merusak dan menumpahkan darah disana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan mensucikan nama-Mu?Dia (Allah) Berfirman "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"
Sekilas dari ayat tersebut, malaikat yang bertanya pada Allah terkesan meragukan keputusan Allah untuk menciptakan makhluk bernama manusia. Sebenarnya malaikat adalah makhluk Allah yang tak akan pernah menolak perintah Allah, pertanyaan malaikat itu lebih kepada penasaran, ingin mencari tahu dan memohon penjelasan agar dapat dijadikan hikmah bagi mereka bukan sebagai bentuk penolakan akan apa yang diciptakan oleh Alla…

Memaafkan Tapi Tidak Melupakan


Siapa yang tidak pernah marah sepanjang hidupnya? Saya yakin pasti tidak ada orang yang tidak pernah marah. 

Tetapi pernah tidak kamu marah dengan seseorang yang sudah sangat keterlaluan melukai kamu, hingga kamu sulit memaafkan. Meskipun akhirnya kamu memilih untuk memaafkannya, tetapi rasanya berat sekali untuk melupakan setiap goresan yang pernah melukai hati kamu oleh ulahnya.

Saya pernah!

Kalau saja, Allah yang Maha Pemaaf tidak menyuruh umat-Nya untuk memaafkan. Mungkin saya pilih untuk tidak memaafkan selama-lamanya. 

Akhirnya saya memang memaafkan, tetapi saya belum bisa melupakannya. Makanya saya pilih menghilang dan menghindar hingga waktu membantu saya melupakannya. Apalagi ini kesalahannya terlalu banyak, dan ditutup dengan kesalahan terfatal. Jadi saya susah untuk menghapusnya dari memori.

Forgivebut please don't forgetForgive and forget are not synonymous



Comments

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Resolusi Tahun 2019