Kamu Dimana?

Image
Hari mulai senja, sambil menyeruput kopi dingin di sebuah kafe bernama Kafe Kenangan. Satu persatu kenangan akan dirimu berseliweran tanpa permisi di pelupuk mata. Senyum manis yang tersungging di wajah perpaduan Arab dan Batak, pupil mata coklat, dan bulu mata lentikmu seakan nyata di depanku. 
Kamu tahu kan, kalau aku tidak pernah menyukai kopi. Asam lambungku bisa naik bila menyesap kopi. Meski sama-sama kafein, lambungku lebih bersahabat dengan teh. Tapi sore ini, atas nama kenangan, aku ingin menyicipi kopi kegemaranmu.
Tiba-tiba, alam pikiranku mundur ke hampir 19 tahun lalu. Gadis manis berwajah Arab itu duduk tanpa kerudung di kelas yang masih sepi. Aku berbasa-basi sejenak, sebelum menyodorkan tangan kananku. "Risma..."
Kamu bingung, mata coklatmu menatapku tajam. Kemudian tersenyum dan menyambut tanganku, "Khadijah Hasibuan..."
"Oh....orang Batak?" Tanyaku sok tahu.
"Tepatnya Tapanuli Selatan..."
Dan aku ber-o ria. 
"Aku dari Jak…

Bagaimana Mengubah Hobi Fotografi Menjadi Uang


Siapa sih yang gak mau dapat penghasilan dari hobi? Fotografi merupakan sebuah hobi yang cukup menjanjikan. Bahkan, beberapa orang sudah menjadikan fotografi sebagai pekerjaan utama.

Meski populer, fotografer tergolong bukan profesi yang mudah jika ditekuni secara profesional. Dibutuhkan lebih dari sekedar minat untuk mampu menangkap momen yang tepat dengan detil yang terukur.

Seorang fotografer harus melatih dirinya selama bertahun-tahun untuk mengasah kemampuannya. Bahkan, bagi fotografer yang freelance harus melatih dirinya dengan kemampuan bisnis dan marketing agar mampu menyesuaikan dengan permintaan klien atau membaca peluang bisnis.
Merasa punya bakat dan siap terjun di bisnis fotografi? Atau hanya ingin meng-upgrade pengetahuan di bisnis fotografi demi menambah pundi-pundi uang?

Mungkin perlu datang ke photography workshop bertajuk “Timba Ilmu” yang digagas oleh 4 fotografer senior; Rittar Rajagukguk (newborn photographer), Tito Rikardo (wedding photographer), Glenn Prasetya (fashion and commercial photographer), Mario Wibowo (architect and design interior photographer).

Keempat fotografer ini, selama kurang lebih 4 jam dari pukul 13.00 sampai 17.00 WIB pada tanggal 26 April 2019 di Plaza Semanggi Lantai 5 (IP Space), keempat fotografer senior ini akan membagikan tips tentang segala hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan menjadi full time photographer. Termasuk bagaimana menentukan pricing, efisiensi workflow,  menggaet dan me-maintain klien dan lain-lain. Semua bisa didapat hanya dengan nilai investasi Rp 1,6 juta saja!



Comments

Popular posts from this blog

Resolusi Tahun 2019

5 Blogger Favorit Saya

Liburan 'Backpacker' Kaum Jetset