MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Menjajal Lezatnya Gebum, Geblek Bumbu Khas Purworejo



Pernah dengar nama Purworejo? Kota kecil di Jawa Tengah tempat kelahiran Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu Indonesia Raya.

Di kota itu pula, ayah dan ibu saya dilahirkan. Tidak di kotanya, tapi di sebuah desa pelosok Kaligesing, salah satu penghasil durian terenak di Indonesia. Kelezatan durian Monthong masih kalah dibandingkan durian Kaligesing. Dan sesungguhnya, durian Monthong itu pun dahulu adalah durian Indonesia yang dikembangkan oleh Pemerintah Thailand atas bantuan insinyur pertanian IPB. Hahaha....tepok jidat! 

Kali ini saya tidak mau cerita soal durian. Saya mau cerita salah satu makanan khas Purworejo yang namanya 'Geblek'. Ada yang tahu? Saya yakin Anda yang bukan orang Jawa akan menyebut 'geblek' dengan pronounciation yang kacau dan membuat kami yang orang Jawa akan terpingkal-pingkal sambil memegang perut. Eh, saya yang kelahiran Jakarta juga baru belakangan ini fasih menyebut 'geblek'. 

Sekilas geblek ini memang mirip cireng (alias aci goreng). Tapi rasanya beda. Kalau cireng dibuat dari sagu. Sedangkan geblek dibuat dari 'pathi' (hayooo...bisa tidak menyebutnya?). Pathi ini nama lain dari tepung kanji/tapioka yang dibuat dari singkong. Tingkat kekenyalannya kurang lebih sama dengan 'mpek-mpek' Palembang. 


Adonan pathi yang diberi bumbu bawang kemudian dibentuk-bentuk ala angka 8. Mengapa angka 8? Mungkin ini mengadopsi filosofi Cina tentang angka 8 yang berarti keberuntungan yang tidak terputus. 

Geblek harus dinikmati panas-panas agar tidak alot. Bisa dimakan dengan cabe rawit yang diceplus atau dicocol dengan bumbu pecel. Jangan lupa kopi atau teh panasnya. 

Penasaran dengan citarasa Geblek Bumbu Pecel atau Gebum khas Purworejo tapi tidak sempat mampir ke Purworejo? Coba aja whatsapp bakul Gebum mbak Ani 0858 8061 2832 

Gebum-nya Mbak Ani dibuat dari Pathi pilihan mirip dengan citarasa aslinya. Mungkin lebih enak. Diproduksi setiap hari, jadi semua bahan dijamin 'fresh'. Gebum dijual dalam bentuk siap goreng, plus sebungkus sambal pecel untuk cocolan. 


Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial