Resolusi Tahun 2020

Image
Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di awal tahun 2020. Tahun yang dulu saya pikir sangat 'sophisticated' seperti film The Matrix dan Science Fiction lainnya yang mengumbar kecanggihan tahun 2020. Atau malah awal dari apocalypse dunia.
Ternyata tahun 2020 tidak seheboh bayangan masa kecil saya, dimana dunia sudah sedemikian canggih dan penuh robot. Walau memang lebih canggih untuk beberapa inovasi, tapi ya masih tidak terlalu signifikan. 
"Yang canggih mah canggih. Yang terbelakang ya tetap terbelakang, susah listrik apalagi jaringan internet."
Lalu apa resolusi tahun barumu? Masihkah target-target dunia masuk dalam list?
Al-Qur’an surat al-Anbiyâ’ (21): 35 dan al-Ankabût (29): 57 menyebutkan bahwa semua yang bernyawa akan mati. Bahkan dalam surat al-A’râf (7): 34 ditegaskan bahwa semua umat mempunyai ajal (batas waktu) yang telah ditentukan oleh Allah. Ketika ajal tersebut sudah tiba, maka tidak bisa ditunda ataupun dipercepat barang sesaatpun. Namun demikian, kematian bu…

Orang Bilang Saya "Super Mom"

Sebagai emak super yang mengerjakan hampir semua pekerjaan rumah dari A-Z tanpa ART. Saya hampir tak punya pekerjaan favorit. Karena semua terpaksa harus saya kerjakan sendiri. Padahal masih harus bekerja dan urus anak.

Tapi saya orangnya tidak mau ribet. Saya tidak 'ngoyo' untuk menyelesaikan semua pekerjaan sesempurna mungkin dalam sehari. Agar saya tetap waras maka saya memilah-milah mana yang harus dikerjakan setiap hari, mana yang bisa 'dipending' sampai waktu libur. Mana yang bisa dikerjakan sendiri mana yang bisa di outsource.

Pekerjaan rumah favorit saya adalah pekerjaan rumah yang pasti saya lakukan setiap hari, sesibuk apapun saya. Mencuci piring, Menyapu dan Mengepel, adalah tiga pekerjaan rumah favorit saya. 

Mengapa? Karena setiap hari pasti ada gelas, piring dan peralatan lain yang harus dicuci bersih agar tidak menumpuk di wastafel cuci piring. Dan saya juga tipe orang yang tidak bisa tidur pulas kalau lantainya kotor. Jadi secapek apapun saya pulang ke rumah, saya pasti akan menyapu dan mengepel kalau kakinya berasa 'ngeres'.

Saya suka ketiga pekerjaan rumah ini karena sambil melakukan ketiganya saya bisa sambil murojaah (mengulang hafalan quran saya). Biasanya untuk ketiga pekerjaan itu bisa minimal sejuz.

Sebetulnya saya juga suka masak. Namun sayangnya saya agak malas. Jadi bisa dihitung dalam seminggu saya memasak berapa kali. Selebihnya dioutsource ke Go-food atau warung yang menyediakan masakan rumah-an. 

Saya tidak ada masalah dengan mencuci baju. Karena semua bisa diselesaikan dengan mesin cuci. Biasanya saya akan merendam pakaian dengan tingkat kekotoran yang cukup parah, kucek sebentar baru dimasukkan mesin cuci. Kering tinggal dijemur. 

Hanya saja, saya paling benci menyeterika. Saya lebih pilih segera melipatnya setelah kering dari jemuran, dan diseterika, kapan-kapan kalau sempat. Atau sekalian di 'outsource' ke laundry.

Membersihkan kamar mandi dan lainnya dikerjakan kala sempat di hari kerja, atau ditunda sampai akhir pekan. 

Jam kerja saya sudah dimulai dari jam empat pagi. Selepas Subuh sudah sibuk mencuci piring, menyiapkan anak dan sarapan. Kemudian mengantar sekolah sambil murojaah, balik ke rumah baru siap-siap kerja. Terkadang pulang petang atau malah larut. Larut malam masih mencoba menyempatkan diri bebenah yang bisa dibenahi. Dan kemudian tidur sambil terkapar.

Alhamdulillah!

Comments

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Pecak Timun Betawi