MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Orang Bilang Saya "Super Mom"

Sebagai emak super yang mengerjakan hampir semua pekerjaan rumah dari A-Z tanpa ART. Saya hampir tak punya pekerjaan favorit. Karena semua terpaksa harus saya kerjakan sendiri. Padahal masih harus bekerja dan urus anak.

Tapi saya orangnya tidak mau ribet. Saya tidak 'ngoyo' untuk menyelesaikan semua pekerjaan sesempurna mungkin dalam sehari. Agar saya tetap waras maka saya memilah-milah mana yang harus dikerjakan setiap hari, mana yang bisa 'dipending' sampai waktu libur. Mana yang bisa dikerjakan sendiri mana yang bisa di outsource.

Pekerjaan rumah favorit saya adalah pekerjaan rumah yang pasti saya lakukan setiap hari, sesibuk apapun saya. Mencuci piring, Menyapu dan Mengepel, adalah tiga pekerjaan rumah favorit saya. 

Mengapa? Karena setiap hari pasti ada gelas, piring dan peralatan lain yang harus dicuci bersih agar tidak menumpuk di wastafel cuci piring. Dan saya juga tipe orang yang tidak bisa tidur pulas kalau lantainya kotor. Jadi secapek apapun saya pulang ke rumah, saya pasti akan menyapu dan mengepel kalau kakinya berasa 'ngeres'.

Saya suka ketiga pekerjaan rumah ini karena sambil melakukan ketiganya saya bisa sambil murojaah (mengulang hafalan quran saya). Biasanya untuk ketiga pekerjaan itu bisa minimal sejuz.

Sebetulnya saya juga suka masak. Namun sayangnya saya agak malas. Jadi bisa dihitung dalam seminggu saya memasak berapa kali. Selebihnya dioutsource ke Go-food atau warung yang menyediakan masakan rumah-an. 

Saya tidak ada masalah dengan mencuci baju. Karena semua bisa diselesaikan dengan mesin cuci. Biasanya saya akan merendam pakaian dengan tingkat kekotoran yang cukup parah, kucek sebentar baru dimasukkan mesin cuci. Kering tinggal dijemur. 

Hanya saja, saya paling benci menyeterika. Saya lebih pilih segera melipatnya setelah kering dari jemuran, dan diseterika, kapan-kapan kalau sempat. Atau sekalian di 'outsource' ke laundry.

Membersihkan kamar mandi dan lainnya dikerjakan kala sempat di hari kerja, atau ditunda sampai akhir pekan. 

Jam kerja saya sudah dimulai dari jam empat pagi. Selepas Subuh sudah sibuk mencuci piring, menyiapkan anak dan sarapan. Kemudian mengantar sekolah sambil murojaah, balik ke rumah baru siap-siap kerja. Terkadang pulang petang atau malah larut. Larut malam masih mencoba menyempatkan diri bebenah yang bisa dibenahi. Dan kemudian tidur sambil terkapar.

Alhamdulillah!

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial