MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Khasiat Tersembunyi dari Buah Sawo


Salah satu buah favorit saya dan anak saya Sydney adalah buah sawo. Buah berwarna coklat berbentuk mirip kentang ini mungkin kurang menarik bagi banyak orang. Padahal di dalam bentuknya yang buruk rupa, buah sawo terasa sangat manis, dengan daging buah yang lembut dan juicy pada tingkat kematangan tertentu.

Sebenarnya dahulu saya juga kurang menyukai buah sawo. Tetapi justru sawo adalah salah satu dari sedikit makanan yang bisa saya makan dengan sukses tanpa dimuntahkan kembali pada masa kehamilan saya dahulu. Kehamilan saya yang sedikit bermasalah, membuat saya 'mabuk' berat tak bisa makan apa-apa. Ditambah harus bedrest berbulan-bulan membuat saya hampir kurang gizi. 

Namun saat itu asisten rumah tangga saya yang orang Betawi membawakan saya buah sawo hasil panen sendiri. Dan anehnya saya memakannya dengan lahap. Padahal buah mangga saja saat itu saya akan memuntahkannya lagi. Dan alhasil buah sawo menjadi salah satu asupan bergizi yang penting di masa kehamilan saya. Saya bisa menghabiskan berkilo-kilo sawo. Makanya tak heran kalau sekarang Sydney sangat menyukai sawo. 

Tahukah Anda, kalau di balik tampang buah sawo yang tak menarik selera itu ternyata memiliki segudang khasiat tersembunyi untuk tubuh kita? Kalau belum tahu, baiklah saya akan menguraikannya di sini menurut berbagai sumber yang sudah saya baca.

1. Baik untuk kulit
Kandungan vitamin E dan antioksidan di dalam buah sawo, membuat kulit yang kering jadi lembab. Ini alasan mengapa setelah melahirkan saya sama sekali tidak ada masalah selulit atau hitam-hitam di kulit. Sepanjang hamil setelah mengonsumsi buah sawo, kulit saya menjadi lebih lembab dan bercahaya. Padahal sebelumnya busikan.

2. Merawat rambut
Nutrisi yang baik untuk kulit juga baik untuk rambut. 

3. Mata sehat
Buah sawo mengandung jumlah vitamin A yang tinggi. Menurut penelitian, vitamin A membantu meningkatkan penglihatan bahkan selama usia tua.

4. Sumber energi
Sawo kaya akan glukosa yang memberikan energi instan pada tubuh. Makanya saat hamil tidak bisa makan apa-apa saya cukup kenyang hanya dengan makan sawo. 

5. Pencegah kanker
Buah sawo yang kaya akan vitamin A dan B serta antioksidan menjadikan buah ini mampu memberikan perlindungan terhadap kanker dan mengikat karsinogen (racun) secara ketat untuk melindungi selaput lendir di usus besar.

6. Tulang sehat
Buah sawo juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan fosfor, buah sawo sangat membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang.

Meskipun buah sawo memiliki khasiat yang sangat banyak. Tentu saja kita juga tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan menjadi tidak baik.

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial