Kesibukan Ramadhan Tahun Ini

Image
Masih lama dari deadline pendaftaran 1 Mei 2018. Tapi panitia sudah mulai sibuk, cetak-cetak yang perlu dicetak, video editing dan narasi sudah mulai digarap oleh tim ahli.  Karena Insya Allah, tahun ini BEDA. 
Hafalan tahun ini didukung dengan audio visual yang mumpuni untuk mempermudah proses hafalan ala metode Kauny ini. Insya Allah menggunakan 'fun theory' tapi tetap syar'i. 
Memang cuma 2 hari tapi 'full schedule'. Meski ada target hafalan, peserta juga akan mendapatkan materi lain untuk pemahaman surah Al Kahfi. Ada juga games untuk memudahkan proses hafalan dengan menggunakan flash card khusus, makanya workshop menghafal ini cocok dari anak-anak, sampai dewasa. 
Tim kami tak hanya digawangi oleh Majelis Al Kahfi, ibu-ibu yang sudah duluan menghafal Al kahfi, juga ada para profesional lulusan universitas dan pesantren ternama.
Kami sebetulnya hanya kumpulan orang fakir ilmu yang masih akan terus belajar sampai mati, sambil mentransfer sedikit ilmu kami. Kala…

Khasiat Tersembunyi dari Buah Sawo


Salah satu buah favorit saya dan anak saya Sydney adalah buah sawo. Buah berwarna coklat berbentuk mirip kentang ini mungkin kurang menarik bagi banyak orang. Padahal di dalam bentuknya yang buruk rupa, buah sawo terasa sangat manis, dengan daging buah yang lembut dan juicy pada tingkat kematangan tertentu.

Sebenarnya dahulu saya juga kurang menyukai buah sawo. Tetapi justru sawo adalah salah satu dari sedikit makanan yang bisa saya makan dengan sukses tanpa dimuntahkan kembali pada masa kehamilan saya dahulu. Kehamilan saya yang sedikit bermasalah, membuat saya 'mabuk' berat tak bisa makan apa-apa. Ditambah harus bedrest berbulan-bulan membuat saya hampir kurang gizi. 

Namun saat itu asisten rumah tangga saya yang orang Betawi membawakan saya buah sawo hasil panen sendiri. Dan anehnya saya memakannya dengan lahap. Padahal buah mangga saja saat itu saya akan memuntahkannya lagi. Dan alhasil buah sawo menjadi salah satu asupan bergizi yang penting di masa kehamilan saya. Saya bisa menghabiskan berkilo-kilo sawo. Makanya tak heran kalau sekarang Sydney sangat menyukai sawo. 

Tahukah Anda, kalau di balik tampang buah sawo yang tak menarik selera itu ternyata memiliki segudang khasiat tersembunyi untuk tubuh kita? Kalau belum tahu, baiklah saya akan menguraikannya di sini menurut berbagai sumber yang sudah saya baca.

1. Baik untuk kulit
Kandungan vitamin E dan antioksidan di dalam buah sawo, membuat kulit yang kering jadi lembab. Ini alasan mengapa setelah melahirkan saya sama sekali tidak ada masalah selulit atau hitam-hitam di kulit. Sepanjang hamil setelah mengonsumsi buah sawo, kulit saya menjadi lebih lembab dan bercahaya. Padahal sebelumnya busikan.

2. Merawat rambut
Nutrisi yang baik untuk kulit juga baik untuk rambut. 

3. Mata sehat
Buah sawo mengandung jumlah vitamin A yang tinggi. Menurut penelitian, vitamin A membantu meningkatkan penglihatan bahkan selama usia tua.

4. Sumber energi
Sawo kaya akan glukosa yang memberikan energi instan pada tubuh. Makanya saat hamil tidak bisa makan apa-apa saya cukup kenyang hanya dengan makan sawo. 

5. Pencegah kanker
Buah sawo yang kaya akan vitamin A dan B serta antioksidan menjadikan buah ini mampu memberikan perlindungan terhadap kanker dan mengikat karsinogen (racun) secara ketat untuk melindungi selaput lendir di usus besar.

6. Tulang sehat
Buah sawo juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan fosfor, buah sawo sangat membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang.

Meskipun buah sawo memiliki khasiat yang sangat banyak. Tentu saja kita juga tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan menjadi tidak baik.

Comments

Popular posts from this blog

Resolusi Tahun 2019

5 Blogger Favorit Saya

Liburan 'Backpacker' Kaum Jetset