Perempuan itu Bernama Kartini

Image
(repost pernah dimuat di jakartakita.com)

Hari ini (21/4/2019), 140 tahun lalu lahirlah seorang Kartini yang dianggap sebagai tokoh wanita pengusung emansipasi wanita. Begitu istimewanya Raden Ajeng Kartini, hingga hari lahirnya setiap tahun selalu diperingati oleh seluruh warga Indonesia. Tak hanya sekedar dijadikan hari khusus setiap tanggal 21 April. Sejumlah seremonial simbolis pun menjadi bagian dari peringatan ini. Dari pawai keliling anak-anak yang berpakaian adat nasional, lomba kebaya, lomba memasak, dan lain-lainnya.
Seminar seputar peran serta perempuan di era modern yang katanya terinspirasi oleh perjuangan Kartini pun selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap peringatan. Kartini pun menjadi simbol dari sebuah pergerakan feminisme. Entah apakah mereka tahu apa sebenarnya arti feminisme. Apakah demikian yang dicita-citakan seorang Kartini?
Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara. Lahir sebagai perempuan dari kalangan ningrat yang me…

Kata Orang, Saya Pisces


Saya lahir tanggal 19 Maret. Kata orang zodiak saya Pisces. Konon Zodiak adalah tanda bintang seseorang yang didasarkan pada posisi matahari terhadap rasi bintang ketika orang tersebut dilahirkan. Zodiak yang dikenal sebagai lambang astrologi terdiri dari 12 rasi bintang, yaitu; Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces. Itu berarti sekitar tanggal 19 Maret, posisi matahari berada dekat dengan rasi bintang Pisces yang dilambangkan dengan Ikan. Karena Pisces sendiri bahasa latin. Soal mengapa namanya itu, ya suka-suka yang menemukan teori dan menamakannya.

Namun kemudian teori kedudukan matahari terhadap rasi bintang ini kemudian dijadikan patokan para ahli nujum untuk meramal nasib seseorang. Dan dalam Islam sendiri, ramalan bintang disebut juga ilmu sihir. 

Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang mempelajari ilmu nujum berarti ia telah mempelajari cabang dari ilmu sihir, apabila bertambah ilmu nujumnya maka bertambah pulalah ilmu sihirnya.” (HR Ahmad dengan sanad hasan). Hadits ini dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa ilmu nujum (yang termasuk dalam hal ini adalah ramalan bintang) merupakan bagian dari sihir. Bahkan Rasulullah menyatakan bahwa apabila ilmu nujumnya itu bertambah, maka hal ini berarti bertambah pula ilmu sihir yang dipelajari orang tersebut. 

Sedangkan hukum sihir itu sendiri adalah haram dan termasuk kekafiran, sebagaimana Allah berfirman yang artinya: “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), Padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir).” (Qs. Al Baqarah: 102)

Entah bagaimana hubungannya antara orang yang lahir dengan zodiak tertentu, memiliki ramalan  nasib masing-masing setiap minggunya. Jelas ini saya tidak percaya. Saya pikir itu hanya karangan orang saja.

Tetapi kalau misalkan ada orang psikologi yang menghubungkan bahwa sebagian besar orang dengan zodiak tertentu memiliki sifat tertentu. Mungkin saya percaya, mereka mungkin telah mengambil random sampling untuk penelitiannya tentang karakter seseorang. Sebagai contoh orang yang lahir sekitar tanggal 19 Februari hingga 20 Maret, yang disebut berzodiak Pisces, memiliki kesamaan karakter berupa; imajinatif, sensitif, introvert dan labil. Benarkah?

Kalau menurut saya, saya adalah pribadi yang:
1. Penghayal, kebetulan mereka yang lahir sebagai pisces punya daya hayal yang luar biasa. Hampir mustahil bagi seorang pisces kalau mereka tidak bisa menulis. Isi otak mereka penuh dengan 'ide-ide' yang butuh untuk segera diaktualisasikan. Makanya banyak orang Pisces, termasuk saya yang lebih nyaman berkarir di Industri kreatif. Atau di tempat dimana mereka bisa damai mengaktualisasikan ide-idenya.

2. Lembut, saya termasuk orang yang agak susah ddiajak berbicara dari hati ke hati tanpa linangan air mata. Sedikit-dikit nangis. Saya juga tidak suka berkonfrontasi langsung. Lebih suka diam dan menghindar. Saya lebih mudah mengekspresikannya dalam bentuk tulisan.

3. Memendam perasaan, meskipun kata orang saya dan semua zodiak Pisces sangat terbuka dengan perasaan dan drama mereka. Namun sebenarnya zodiak Pisces juga dengan mudah memendam perasaan. Ini merupakan lapisan dari karakter seorang Pisces yang masih jarang dianggap atau diketahui. Bagaimana tidak, biasanya orang hanya melihat lapisan luar dari zodiak Pisces yang merupakan sifat sensitif tersebut.

Padahal untuk seorang Pisces, perasaan merupakan hal yang seharusnya bisa mereka simpan sendiri. Biasanya mereka akan menyimpan perasaan yang mendalam mengenai hal yang dianggap memberatkan. Bila begini, jangan harap mereka akan dengan mudah membuka diri.
Jadi apa yang kalian tahu dari saya, tak sampai 30 persen dari keseluruhan drama yang terjadi di hidup saya. 
4. Labil, saya  sebenarnya tak tahu apa yang saya inginkan bahkan bagaimana mengatasi drama saya. Labil, dan sering hilang arah merupakan salah satu sifat buruk saya. Banyak keputusan yang terkadang hasil dari emosional sesaat.
Bagaimana menurutmu?


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resolusi Tahun 2019

5 Blogger Favorit Saya

Liburan 'Backpacker' Kaum Jetset