MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Bahagia Itu ...



Banyak orang yang bekerja mati-matian dari pagi sampai malam demi mencapai definisi kebahagiaan menurut kacamatanya. Ia bahkan mengabaikan keluarganya, padahal nanti saat kita menghadapi sakaratul maut, keluarganya yang paling dibutuhkan di sisinya, bukan bos atau kolega bisnisnya.

Padahal bahagia itu sederhana, sesederhana kita bisa bernafas dengan lega tanpa bantuan alat nafas yang mahal. Tetapi tentu saja definisi kebahagiaan setiap orang berbeda-beda.  Ada yang bahagia bagi mereka adalah kebahagiaan yang serba duniawi. Ada yang mati-matian ibadah dan mengabaikan dunia demi mendapatkan kebahagiaan akhirat. Baiknya sih, meraih kebahagiaan duniawi dengan cara-cara baik agar kebahagiaannya kekal sampai kita berpulang nanti. Bahagia dunia akhirat! Bahagia untuk sehat dan punya keluarga bahagia,  punya harta yang cukup untuk berzakat, sedekah, haji/umrah, bangun masjid atau rumah tahfiz. Di akhirat pun bahagia karena selama di dunia kita hampir tidak pernah menyakiti orang, ibadahnya pun masuk standar ke surga, 

Kebahagiaan duniawi seseorang juga berbeda. Ada yang sudah cukup bahagia pulang pergi naik motor ada juga yang masih kurang bahagia, pulang pergi naik mobil Fortuner. Ada yang makan di warteg itu sudah bahagia, ada yang makan di MC Donalds itu biasa saja. 

Kalau bahagia menurut saya adalah:

1. Bahagia itu Sehat 
Semua pasti akan setuju bahwa kebahagiaan hakiki didapat ketika kita merasa sehat walafiat dalam menjalani hidup. Kita bisa melompat, berlari, berjalan, atau melakukan semua hal yang kita senangi. 

Istilahnya, kalau sehat, makan nasi dengan garam saja rasanya nikmat sekali. Kalau sakit, walau uangnya milyaran, tetap saja mau makan yang mahal dan enak-enak pun tak nafsu. Terpaksa harus  diasup infus. 

2. Bahagia itu Menjadi Diri Sendiri

Definisi lain dari bahagia adalah menjadi diri sendiri dan bebas menjadi apa yang kita mau. Kita tidak perlu merubah diri sendiri demi untuk bisa  menyenangkan semua orang. Kita bebas mengatur hidup dengan arah dan tujuan hidup kita tanpa ada orang lain yang mencoba mencampuri dan mempengaruhi diri kita asalkan semua masih sesuai dengan norma yang berlaku.

3. Bahagia itu Dicintai dan Dihargai

Siapa yang tak suka dicintai dan dihargai? Semua orang, termasuk saya, akan berbahagia ketika merasa dicintai dan dihargai kehadirannya di suatu tempat atau komunitas. Perasaan itu bisa jadi dua kali lipat ketika kita bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk orang-orang di sekitar kita. 

Tentu saja, definisi bahagia ini tak bisa kita dapatkan serta merta. Kita harus berjuang sehingga orang lain akan dengan sepenuh hati mencintai dan menghargai kehadiran kita di sana. Jika kedua hal dan perasaan ini sudah kita dapat, hidup kita tentu akan semakin indah dan bahagia dengan definisi bahagia yang tepat.

4. Bahagia itu Memberi

Arti bahagia yang lain bagi saya adalah jika saya bisa memberi sesuatu kepada orang lain, terutama yang membutuhkan. 

Saya memang bukan orang kaya, tetapi memberi sesuatu sudah jadi kegemaran saya sejak kecil. Saya akan berusaha memberi apa saja yang yang bisa saya berikan, entah itu ilmu atau sedikit uang saya miliki. Saya bisa tersiksa kalau tidak bisa memberi apapun untuk orang lain. 

5. Bahagia Itu Berkarya
Banyak orang mendapatkan kebahagian ketika berhasil menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh orang lain, dan saya adalah salah satunya. Apalagi, ketika karya itu dipuji dan diapresiasi sebagai sebuah karya yang bagus. Wah, perasaannya luar biasa bahagia!

Dan sudah beberapa tahun ini belum ada novel atau buku saya yang beredar di toko buku. Karena saya terlalu sibuk dengan drama kehidupan yang menyesakkan dada.

Ah tidak juga! Saya sibuk berkarya di bidang lain. Karena hidup itu untuk berkarya. Bukan hanya 'nyinyir' ke orang lain. Alhamdulillah! 


Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial