Perempuan itu Bernama Kartini

Image
(repost pernah dimuat di jakartakita.com)

Hari ini (21/4/2019), 140 tahun lalu lahirlah seorang Kartini yang dianggap sebagai tokoh wanita pengusung emansipasi wanita. Begitu istimewanya Raden Ajeng Kartini, hingga hari lahirnya setiap tahun selalu diperingati oleh seluruh warga Indonesia. Tak hanya sekedar dijadikan hari khusus setiap tanggal 21 April. Sejumlah seremonial simbolis pun menjadi bagian dari peringatan ini. Dari pawai keliling anak-anak yang berpakaian adat nasional, lomba kebaya, lomba memasak, dan lain-lainnya.
Seminar seputar peran serta perempuan di era modern yang katanya terinspirasi oleh perjuangan Kartini pun selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap peringatan. Kartini pun menjadi simbol dari sebuah pergerakan feminisme. Entah apakah mereka tahu apa sebenarnya arti feminisme. Apakah demikian yang dicita-citakan seorang Kartini?
Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara. Lahir sebagai perempuan dari kalangan ningrat yang me…

5 Youtuber Favorit Saya

Meski aplikasi Youtube ada di ponsel saya. Tetapi saya bukan tipe orang yang doyan menghabiskan waktu untuk nonton Youtube. Selain dalam rangka untuk mengedukasi anak saya supaya tidak keranjingan nonton youtube, hemat quota, dan saat Youtube time, saya sering kali tidak kebagian jatah nonton. Pasalnya anak saya memonopoli dengan tontonan semacam Upin Ipin, Nussa & Rara, Hana dan Omar, dan lainnya. Alhasil saya sangat jarang nonton Youtube di ponsel. 

Walau dalam sehari, saya pasti buka Youtube di laptop untuk ambil stockshoot video yang masih bersih untuk diedit dan dijadikan background puisi saya atau sekedar ide untuk keperluan presentasi. Kalau ditanya siapa Youtuber favorit saya. Maka saya jawab tegas, 5 chanel Youtube yang ada di daftar saya. Siapa saja dia?

1. Deddy Corbuzier
Menurut saya Deddy Corbuzier yang juga merupakan Host Hitam Putih ini adalah salah satu dari sedikit selebritis yang cerdas dan kritis. Postingannya di media sosial murni opini cerdas dan kritisnya tentang segala hal. 

Dia benci dengan artis alay yang suka membuat postingan 'merusak' demi follower. Makanya saya cocok dengan postingan beliau. 

Walau kata orang dia sombong dan arogan. Tapi saya pikir, dia pantas berbuat begitu untuk orang-orang tertentu yang gak mempan dibilangin baik-baik. 

Untuk kalangan selebritis, jumlah subscriber Deddy Corbuzier memang tidak terlalu 'wow'. Tapi begitulah kira-kira kualitas penonton youtube Indonesia yang lebih suka postingan 'alay' atau yang tidak mendidik. Jumlah subscriber 2.618.078 membuatnya didaulat jadi 'papi youtuber'.


2. Raditya Dika
Aih...siapa yang tak kenal Raditya Dika, penulis multitalenta yang konyolnya terkenal seantero jagat. Saya suka dengan semua bentuk karya dia, dari tulisan, postingan medsos dan video youtubenya. Dia pandai membuat sesuatu yang sederhana jadi lucu tapi berbobot. 

Bahkan postingan endorse saja sangat 'halus' dan seru. Makanya tak heran dia punya 5,191,966 subscriber yang setia menanti postingannya.



3. Rans

Tidak hanya populer di televisi, keluarga Raffi Ahmad melebarkan sayap melalui channel YouTube RANS Entertainment dengan subscribers sebanyak 2.930.825.

Isi youtubenya tidak hanya keseharian keluarga Raffi-nagita yang seru. Channel ini juga membahas topik-topik populer dengan cara yang seru. Beberapa bintang tamu yang sempat viral di jagat maya sengaja dihadirkan di videonya. 


4. Sabyan Gambus
Youtube channel official Sabyan Gambus dengan jumlah subscriber 4.522.655 ini juga merupakan salah satu favorit saya. Biasanya saya malah sengaja membuka channel itu untuk sekedar mendengarkan lagu-lagunya. Streaming jadinya....



5. Edho Zell
Ini salah satu youtuber non seleb yang saya follow. Satu hal yang membuat saya jatuh hati pada channel dengan jumlah subscriber 2.473.651 ini adalah video yang dibuat pada saat jumlah subscribernya 100.000 berjudul "Draw My Life". Tentang kisah hidupnya yang penuh 'perjuangan'.

Saya sukses dibuat menitikkan air mata. Bagus banget, dan saya yakin dia buatnya dari hati. Tidak bisa bilang apa-apa selain doa terbaik aja untuk mas Edho.

Comments

  1. Sabyan Gambus subscribernya mencapai 4m. Wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiiii.....bagus sih emang. non muslim juga ada yang suka....

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resolusi Tahun 2019

5 Blogger Favorit Saya

Liburan 'Backpacker' Kaum Jetset