MANUSIA: Khalifah di Muka Bumi

Image
Nama Nabi Adam Alaihisalam.disebut dalam Al-Quran sebanyak  25 kali di beberapa surah dalam Al Quran. Dalil-dalil tentang penciptaan nabi Adam bisa kita jumpai pada surah al-Baqoroh ayat (30-39) Allah berfirman "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi," Mereka berkata "Apakah Engkau akan menjadikan orang yang akan merusak dan menumpahkan darah disana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan mensucikan nama-Mu?Dia (Allah) Berfirman "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"
Sekilas dari ayat tersebut, malaikat yang bertanya pada Allah terkesan meragukan keputusan Allah untuk menciptakan makhluk bernama manusia. Sebenarnya malaikat adalah makhluk Allah yang tak akan pernah menolak perintah Allah, pertanyaan malaikat itu lebih kepada penasaran, ingin mencari tahu dan memohon penjelasan agar dapat dijadikan hikmah bagi mereka bukan sebagai bentuk penolakan akan apa yang diciptakan oleh Alla…

"Tidak Semudah Itu, Ferguso!"


Kalau Anda netizen, yang saban hari 'main' sosmed, pasti tahu  meme atau ungkapan yang lagi hits di jagat maya ini.

"Tidak semudah itu, Ferguso!"

Ungkapan ini biasanya dilontarkan untuk mengomentari sesuatu yang tidak mudah diwujudkan, tapi dengan dengan nada 'nyinyir'.

Misalkan pada kasus seperti ini,

Guru : "Besok libur ya...karena kami ada rapat guru"
murid-murid : "Horeeee!"
Guru : "Hoooo....tidak semudah itu, Ferguso! Ada tugas kelompok untuk besok di rumah."

Pada kasus itu artinya, besok libur tapi tidak sepenuhnya libur. Karena ada tugas kelompok untuk mengisi hari tidak sekolah.

Lalu darimanakah asal kata "Tidak semudah itu, Ferguso!"

Rupanya nama Ferguso terinspirasi dari telenovela alias sinetron Amerika Latin yang berjudul Marimar. Memang tidak ada nama tokoh Ferguso di telenovela yang sempat nge-hits di era tahun 90-an itu. Tetapi ada nama anjing kesayangan Marimar yang bernama Pulgoso. Namun lidah Indonesia lebih mudah menyebut 'Ferguso' ketimbang 'Pulgoso'.

Mengulik sedikit tentang kisah Marimar. Marimar adalah gadis lugu yang tinggal di gubuk bersama kakek dan neneknya. Meskipun miskin, namun Marimar selalu bahagia. Marimar jatuh cinta dengan pemuda tampan bernama Sergio tapi, sayangnya percintaan mereka tidak berjalan lancar karena ditentang oleh keluarga Sergio yang tidak setuju karena perbedaan kekayaan mereka.

Salah satu tokoh penting di telenovela ini selain Marimar yang diperankan oleh Thalia, kemudian Sergio. Pulgoso si anjing yang setia juga salah satu yang membuat novel ini hidup dan digandrungi di Meksiko dan Indonesia.

Jadi begitulah ceritanya.

"Tidak semudah itu, Ferguso!"


Comments

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Resolusi Tahun 2019