Ketika Hijrah Menjadi Pilihan

Image
Bismillah!
Ceritanya hampir 2 minggu lalu, seorang kolega di sarang elang yang kini sudah berhijrah dan rajin mengirimi saya agenda kajian-kajian sunnah di seluruh penjuru Bintaro, BSD, dan sekitarnya mengirimi saya flyer tentang kajian hijrah yang digelar hasil kerja bareng MT Khoirotunnisa, nge-Fast, dan komunitas yukngaji!
Yang menarik dari kajian ini adalah kita semacam dibantu untuk kembali menemukan hakikat hidup yang sebenarnya sebelum berhijrah. Karena terkadang kita yang terlahir Islam menganggap sepele sebuah hakikat ke-Tauhid-an. Tahu adanya kewajiban shalat lima waktu dan ibadah lainnya, tapi tak pernah paham esensinya. Tahu kalau kita harus datang ke kajian, tapi kadang kita masih tebang pilih syariat, bahkan terkadang 'tidak berani' melangkah terlalu jauh. Tahu kalau tak ada sehelai daun yang jatuh tanpa sepengetahuan Allah, tapi tetap menangis meraung-raung ketika ujian datang. 
Dan di kajian sebanyak 9 kali pertemuan ini mengulas tuntas esensi hijrah, tentang mafa…

Tema Blog Favorit


Seperti saya tulis di artikel sebelumnya, tentang mengapa saya menulis blog. Karena bagi saya blog itu semacam online dairy tempat saya mengeluarkan uneg-uneg dalam bentuk tulisan. Maka isi tulisan saya, kebanyakan memang murni perasaan dan pikiran saya saat itu yang harus segera dituliskan sebelum 'meledak'. 

Temanya bisa apa saja. Mulai dari perasaan saya pada seseorang, hikmah yang saya dapat dari peristiwa hari itu, atau bahkan ide brilian yang tetiba muncul saat itu dan harus segera ditulis sebelum 'menguap' begitu saja. Terkadang sebuah kenyataan atau fiksi yang sebetulnya 'nyerempet' fakta.

Terkadang, tulisan juga bisa tentang review produk atau restoran, catatan perjalanan seru, atau juga barang dagangan yang harus dipromosikan.

Saya sadar kalau tulisan saya akan dibaca banyak orang, yang mungkin bukan orang-orang terdekat saja. Dan mungkin, tulisan itu akan tetap ada di dunia maya, hingga saya meninggal nanti. Makanya saya berupaya, agar tulisan saya sebisa mungkin menjadi amal jariyah bukan dosa jariyah. 

Bagaimana dengan blog walking?

Kalau untuk blog walking, saya suka sekali mengintip catatan perjalanan seru orang lain, sambil riset kalau suatu kali saya juga jalan ke tempat itu. Review produk dan restoran halal juga salah satu yang saya gemari, selain catatan harian blogger lain, sejarah dan parenting. 

Sebenarnya saya juga tertarik dengan tema fashion, hanya saja fashion blogger itu lebih banyak gambar ketimbang tulisan. Dan saya adalah penikmat tulisan bukan gambar. Saya lebih memilih membaca buku tebal dengan ratusan halaman ketimbang buku komik. 

Namun, saya paling anti blog walking soal politik atau agama ke blog. Saya takut tersesat. Saya lebih pilih website yang kompeten untuk membahas itu. 

Zaman sekarang, berselancar di dunia maya sambil menunggu antrian, membunuh bosan di perjalanan, itu sudah seperti 'makanan' sehari-hari. Untuk topik bahasan tertentu, seperti hikmah dari catatan harian blogger, review produk/restoran, ataupun catatan perjalanan, saya lebih suka 'blog walking'. Saya rasa mereka lebih jujur ketimbang media online komersil. 

Comments

Popular posts from this blog

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Resolusi Tahun 2019

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak