MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Pendakwah Kecil


Malam tadi, ustadzah-nya anak saya (Sydney) memastikan lagi bahwa hari ini, Sydney akan berdakwah. Tentu saja dahi saya berkernyit beberapa detik kemudian tersenyum.

"Mohon bantuannya untuk menyiapkan Sydney..." Kata sang ustadzah lagi. 

Lagi-lagi kata-kata tadi membuat saya terdiam beberapa menit. Rasanya kok seperti hendak melepas Sydney ke medan laga. 

"Baik....Insya Allah." Jawab saya singkat.

Saya pandangi wajah Sydney yang masih asyik murojaah sambil merancang legonya. Aih... apa dia tahu bahwa dia besok akan berdakwah? Apa dia tahu artinya berdakwah?

Hampir setahun lalu, Sydney memang pernah 'ngotot' untuk tampil di panggung lengkap dengan gamis putih, kopiah dan sorbannya. Padahal dia tak masuk dalam agenda malam itu. Dan sepertinya terlalu beresiko kalau menyelipkan Sydney di dalam acara 'tabligh akbar' yang dihadiri para tokoh dan alim ulama. Namun Sydney gigih memaksa. Akhirnya yeah...Bocah yang baru jalan lima tahun itu tampil di panggung dengan salah satu ustadz, Pak Sobari untuk menyampaikan sebuah hadits di depan ratusan penonton. It was great!

Dan setahun kemudian, Sydney mulai rutin berdakwah dengan caranya sendiri. Masya Allah Tabarakallahu.

Sejak masih gadis, salah satu doa yang senantiasa saya panjatkan adalah

 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
“Wahai Rabb kami, karuniakanlah kepada kami dari pasangan-pasangan hidup kami dan anak keturunan kami penyejuk hati dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan [25]: 74)
Dan kalau akhirnya, Qadarallah, hanya anak sholeh yang dititipkan kepada saya. Alhamdulillah. Karena kelak anak sholeh itu yang akan menggandeng lengan saya untuk ke surga. 

Dan tentu saja, di balik kesholehan anak ada seorang ibu yang demikian gigih mempersiapkannya. Saya mungkin tidak bisa memberikan hidup yang sempurna untuknya di dunia. Tetapi saya berjanji akan mempersiapkan kehidupannya yang sempurna di akhirat nanti.

Seperti pagi ini dalam perjalanan kami ke sekolah Sydney. Kami mengulang kembali hafalan ayat-ayat dan doa-doa. Menurut jadwal yang kami sepakati, setidaknya juz 30 bisa kelar dari persiapan hingga sampai di sekolah. Makanya kami berusaha disiplin. Sekalipun hari ini kami mesti menumpang, Go-jek. Murojaah jalan terus.

Sebetulnya bukan kali ini saja, kami muroja'ah di Go-jek yang mengantar kami pergi atau pulang sekolah. Dan setiap kami murojaah, biasanya abang Go-Jek malah melambatkan motornya. Waktu saya tanya, "Alhamdulillah, jarang-jarang dengar murottal gratis...teruskan bu...semoga dapat berkah rezeki saya hari ini."

Suatu hari nanti, pasti kami akan mengenang masa-masa sulit ini dengan penuh syukur. Allah adalah sebaik-baik perencana. Satu hal yang harus dipahami bahwa, "Tokoh istimewa tidak akan ditakdirkan untuk alur yang biasa-biasa saja."

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial