MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Ini Dia 5 Restoran Jepang-Korea Halal Terpopuler di Indonesia

Semakin kesini, pamor kuliner Jepang dan Korea makin 'naik daun' bersama dengan makin populernya kebudayaan Jepang dan Korea di Indonesia. Kalau dahulu, kuliner Jepang dan Korea hanya ada di restoran khusus berharga mahal. Kini bahkan kuliner Jepang semacam takoyaki sudah dijual di gerobak dorong. 

Kuliner otentik Jepang dan Korea ini sebenarnya merupakan kuliner yang memiliki titik kritis kehalalan. Pasalnya di negara asalnya, penggunaan mirin, sake yang notabene mengandung alkohol, juga campuran babi dan sebagainya merupakan penyedap wajib. Agak sulit bagi produsen kuliner Jepang dan Korea untuk mencari penyedap pengganti yang halal tetapi rasanya tetap otentik.

Namun seiring dengan semakin memnggeliatnya Islam di dunia. Para produsen kuliner Jepang dan Korea pun berlomba-lomba untuk menyajikan menu yang halal namun rasanya tetap otentik.

Bagi Anda pecinta kuliner Jepang dan Korea, lima restoran ini menyajikan kuliner Jepang dan Korea yang sudah bersertifikasi halal. Meskipun menggunakan bahan-bahan halal, tidak serta-merta mengubah keotentikan rasa. 

Restoran apa sajakah itu?


1. Hokben
Siapa yang tak kenal dengan Hoka-Hoka Bento alias Hokben? Sebuah restoran waralaba makanan cepat saji yang menyuguhkan menu kuliner Jepang di bawah bendera PT. Eka Bogainti. Jaringan ‘Japanese Fast Food’ terbesar di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1985 ini memiliki ratusan gerai di seluruh Indonesia dan sudah memiliki sertifikat halal dari BPOM MUI. Beberapa menu yang dihadirkan di restoran ini antara lain, yakiniku, burakkupeppa, chicken katsu, ekkado, ebi furai, tori baaga. Disediakan juga beberapa menu minuman khas Jepang seperti, es sarang burung, es ogura,dan koori konyak.


2. Yoshinoya
Restoran 'Japanese Beef Bowl' yang sudah berdiri sejak tahun 1899 di Tokyo dan memiliki banyak cabang di seluruh dunia ini pun sudah memiliki sertifikat halal. Menu utama yang menjadi andalan dari restoran asal Jepang ini adalah Beef Bowl. Daging sapi yang digunakan adalah daging sapi USA yang diiris tipis, dimasak, dan disajikan dalam sebuah mangkuk berisi nasi. Ada banyak menu yang bisa dipesan di Yoshinoya Setiabudi ini. Mulai dari menu daging sapi, menu ayam goreng, kids meal, menu hemat ayam, dan side dish berupa goreng udang, shumai, ayam krispi, shrimp cutlet, egg roll, dan chicken karaage.


3. Marugame Udon
 Restoran milik PT Sriboga Ratu Raya tersertifikasi sebagai Restoran Otentik Udon Jepang Pertama yang Halal di Indonesia.Selain dari kuahnya, jenis Udon juga dapat dibedakan menurut bentuknya. Ada 3 bentuk Udon yang harus anda ketahui sebelum berkunjung ke Marugame Udon. Ketiga bentuk tersebut yaitu  Udon tebal (futo udon), Udon tipis (hoso udon), dan Udon kecil-kecil (himokawa udon). Terdapat juga 2 penyajian Udon yaitu penyajian panas dan juga penyajian dingin. 


4. Mujigae
Suka kuliner Korea otentik seperti di drama korea? Coba deh Mujigae! Ini salah satu dari sedikit restoran Korea otentik yang punya sertifikat halal. Adapun menu Korea yang tersedia di Mujigae Resto di antaranya ada dolsot dakgalbi bibimbab. Menu ini merupakan nasi khas korea berisi campuran daging, sayuran, dan diaduk dengan saus korea di mangkuk batu panas. Ada juga menu nasi goreng khas korea. 

Penyuka daging di restoran ini tersedia daging sapi atau ayam tanpa tulang dimarinade oleh bumbu korea yang manis dan gurih. Selain itu ada chesse cream korean chicken berupa ayam fillet digoreng crispy dan diberi saus keju spesial.

Yang suka mi ada beef lunccheon ramyun, mi kuah yang diberi kaldu khas Korea. Kemudian ada jajangmyeon, mi korea tanpa kuah yang diberi bumbu black bean.

Bagi penyuka sup di sini ada menu galbitang, sup korea yang terbuat dari rebusan tulang iga sapi yang lembut, potongan lobak, jamur enoki, dan soun Korea yang mempunyai cita rasa yang sangat gurih di lidah. Kemudian ada sundubu jigae, sup khas korea yang terbuat dari kaldu sapi yang ditambah potongan tahu sutera, telur, daging ayam, dan jamur enoki.


5. Bonchon
Bagi Anda penyuka chicken wings atau sayap ayam. Anda bisa mencicipi chicken wings khas Korea yang dijamin 'endes'. Ada yang spicy ada juga yang original. Tentu saja menunya bukan hanya chicken wings. 

Ada juga menu andalan seperti chicken wrap, bulgogi wrap. Mirip kebab dengan isi olahan ayam ala Korea. Dessert andalannya ya mochi ice cream yang dijamin bikin ketagihan. Dan semuanya halal.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan mau berburu kuliner Jepang dan Korea halal dimana?

Sebetulnya masih banyak Restoran Jepang dan Korea yang sudah punya sertifikat halal. Lain kali dibahas deh!

Selamat makan! 

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial