MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

5 Kunci Hidup Sehat


Hidup sehat adalah dambaan semua orang. Tak hanya untuk menunjang penampilan, tetapi juga untuk menjauhkan diri dari berbagai penyakit.

Buat apa kaya raya, kalau 'sakit-sakitan'? Ibaratnya saat sehat, makan nasi panas dengan sambal saja sudah nikmat. Saat sakit, makanan lezat dan mahal pun tidak bisa menggugah selera.

Saya kenal  kolega kaya raya, yang terpaksa harus makan alakadarnya untuk alasan kesehatan. Beragam penyakit yang bersarang di tubuhnya, membuatnya terpaksa hanya mengkonsumsi, makanan rebusan tanpa garam. 

Mau tahu bekal apa yang harus dibawanya setiap hari? Ubi/kentang/singkong dan sayuran yang dikukus tanpa garam, lengkap dengan jus buah tanpa gula ataupun susu. Hidupnya 'plain' sekali.Dan saya tetiba merasa saya jauh lebih kaya dari dia yang punya rumah seperti istana, mobil mewah, aset lainnya, dan deretan pelayan. 

Ketika saya bisa makan apa saja yang menurut saya enak dan sehat dengan porsi tertentu. Maka dia yang uangnya bahkan tak berseri hanya boleh makan makanan seperti yang diceritakan kakek-nenek saya sewaktu zaman penjajahan dahulu.

Menciptakan pola hidup yang sehat merupakan tantangan bagi masyarakat yang berusia di atas 18 tahun mengingat kepadatan aktivitas yang harus dilakukan. Harus ada kesadaran diri yang kuat agar pola hidup yang sehat dapat terwujud.

Saya bukannya orang yang selalu sehat memang. Namun Alhamdulillah, sepanjang hidup saya, saya termasuk jarang menyambangi rumah sakit.

Semakin ke sini, saya semakin tahu kalau untuk hidup sehat dan bugar setidaknya ada 5 hal yang harus dilakukan.

1. Belajar Ikhlas
Pikiran dapat menyebabkan munculnya gejala atau perubahan pada fisik seseorang. Contohnya, ketika merasa takut atau cemas, bisa memunculkan tanda-tanda seperti denyut jantung menjadi cepat, jantung berdebar-debar (palpitasi), mual atau ingin muntah, gemetaran (tremor), berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, sakit perut, napas menjadi cepat, nyeri otot, atau nyeri punggung. Gejala fisik tersebut disebabkan oleh meningkatnya aktivitas listrik atau impuls saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh. Selain itu, pelepasan zat adrenalin (epinefrin) ke dalam aliran darah juga bisa menyebabkan gejala fisik di atas.

Meski terkadang gangguan psikomatis atau penyakit fisik akibat pikiran tidak bisa dideteksi secara kedokteran. Namun beberapa penyakit tertentu memang terbukti dapat diperberat oleh kondisi mental seseorang. Misalnya pada penyakit psoriasis, asam lambung,  tekanan darah tinggi, diabetes, dan eksim. Kondisi penyakit tersebut tak jarang akan kambuh atau semakin berat ketika penderitanya mengalami stres atau cemas. Namun secara fisik kondisi tersebut terlihat nyata dan dalam pemeriksaan fisik akan terdeteksi oleh dokter.

Saya pernah harus menginap di rumah sakit karena tetiba saya mengalami gejala yang mirip serangan jantung, dada sesak, perut nyeri seperti tertusuk jarum, sakit kepala dan saya lemas sekali. Tak bisa bangun. Langsung dilarikan ke UGD, dipasangi elektrokardiografi. Ternyata asam lambung saya sudah naik ke dada hingga saya sesak nafas. Dan kata dokter kalau telat ditangani bisa saya meninggal karena 'jantung'. 

Saya memang ada mag, tetapi tidak pernah separah itu. Paling hanya mual-mual dan sakit kepala. Namun saya ingat persis, betapa saat itu saya memang sedang mengalami stress berat akibat drama kehidupan. Makanya larinya ke fisik.

Pelajaran dari kasus itu adalah, saya harus belajar ikhlas. Apapun yang terjadi dengan hidup, seberat apapun harus diterima dengan lapang dada. Karena itu adalah ketentuan dari Allah. Bukankah, "Tidak ada sehelai daunpun yang jatuh tanpa sepengetahuan Allah." Takdir Allah pasti baik.

2. Minum air putih.
Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain:mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.  
Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.
Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh, yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

3. Makan makanan sehat.
Makanan sehat merupakan makanan yang bebas dari bahan berbahaya dan mengandung gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Bahan berbahaya yang dimaksud seperti pewarna msi, pengawet dan pemanis buatan. Sedangkan, gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air, dan mineral.

Mengapa makanan sehat dan bergizi itu penting ? Karena makanan sehat bergizi dapat mencegah kita dari terserangnya penyakit seperti diare, diabetes mellitus, jantung, tifus, dan juga kolesterol. 

Yang tak kalah pentingnya adalah, "makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang."

4. Olahraga
Kesadaran untuk berolahraga pada masyarakat sangat minim, kecuali bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Dan sangat disayangkan, olahraga tidak dijadikan sebuah kebutuhan bagi kesehatan. Tak banyak yang menyadari bahwa dengan berolahraga dapat menurunkan resiko-resiko penyakit yang mematikan, cepat atau lambat, seperti penyakit jantung, penyakit kencing manis atau diabetes melitus tipe 2, dan sindrom metabolik. 

5. Tidur yang cukup
Bila kita sudah menjaga pola makan dan rutin berolahraga tapi tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup setiap malamnya, maka semua usaha hidup sehat kita hanya sia-sia. Sebab, lama dan kualitas tidur memegang peran penting pada perkembangan kesehatan tubuh Anda. Lantas, bagaimana tidur bisa memengaruhi tubuh dan apa saja manfaat tidur cukup untuk kesehatan.

Tidur termasuk dalam aktivitas yang punya segudang manfaat. Saat Anda tidur, otak akan melepaskan hormon dan senyawa yang membantu beberapa proses dalam tubuh, di antaranya: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat dan mengendalikan nafsu makan agar tidak obesitas atau malah kurang gizi.

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial