Perempuan itu Bernama Kartini

Image
(repost pernah dimuat di jakartakita.com)

Hari ini (21/4/2019), 140 tahun lalu lahirlah seorang Kartini yang dianggap sebagai tokoh wanita pengusung emansipasi wanita. Begitu istimewanya Raden Ajeng Kartini, hingga hari lahirnya setiap tahun selalu diperingati oleh seluruh warga Indonesia. Tak hanya sekedar dijadikan hari khusus setiap tanggal 21 April. Sejumlah seremonial simbolis pun menjadi bagian dari peringatan ini. Dari pawai keliling anak-anak yang berpakaian adat nasional, lomba kebaya, lomba memasak, dan lain-lainnya.
Seminar seputar peran serta perempuan di era modern yang katanya terinspirasi oleh perjuangan Kartini pun selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap peringatan. Kartini pun menjadi simbol dari sebuah pergerakan feminisme. Entah apakah mereka tahu apa sebenarnya arti feminisme. Apakah demikian yang dicita-citakan seorang Kartini?
Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara. Lahir sebagai perempuan dari kalangan ningrat yang me…

Flashback: Woro-woro Sukabakti Menghafal


Catatan harian bertanggal 21 Maret 2018:

Begitu woro-woro yang kami buat untuk salah satu program Ramadhan. Dan tetiba Rumah Quran Ar Rahman sudah kebanjiran pendaftar dari berbagai kalangan.
Misi saya sih cuma satu, biar Ramadhan ini semua orang merasakan euforia sibuknya menghafal. Biar mereka gak sempet ngegosip, main game, nonton acara 'sampah' di TV. Dan Insya Allah hidayah Allah hadir bersama dengan gigihnya mereka mengulang hafalan setiap saat.
Hanya mimpi kecil agar semua orang juga ikut merasakan serunya menghafal seperti kami di Rumah Quran Ar Rahman.
Baru tanggal segini yang daftar sudah 50-an lebih. Padahal itu belum termasuk santri tetap kita.
Ini acara gratisan. Masih belum kepikir bagaimana membiayai ifthar untuk peserta di jam buka puasa, dan lain-lainnya. Insya Allah ada jalan.
Boleh banget loh kalo ada yang mau nyumbang buat buka puasa, bikinin name tag, dan cetak-cetak yang lain, seragam panitia inti (rompi), reward buat peserta terbaik, bahkan Al quran terjemah perkata. Atau setidaknya doakan saya dan tim sehat walafiat buat kegiatan ini. Insya Allah pahala mengalir di setiap hafalan peserta. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Resolusi Tahun 2019

5 Blogger Favorit Saya

Liburan 'Backpacker' Kaum Jetset