MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Flashback: Sopan


Catatan harian bertanggal 20 Juli 2018:

"Bu risma makasih ya bu telah mengajak saya jalan-jalan. Jalan-jalan kali ini memberi memberi banyak pelajaran untuk saya dan teman-teman yang lain..." Saya terpana menatap layar ponsel di whatsapp saya.
Baru saja saya mau bertanya siapa dia. Sebuah nama muncul di situ.
Saya tersenyum. Masya Allah...Anak muda itu.
Saya mengenalnya di program Sukabakti Menghafal. Bocah ABG dengan tatapan mata berbinar-binar setiap mengikuti kelas saya. Binar matanya memperlihatkan betapa dia sangat fokus dan konsentrasi menghafal.
Kelebihan lainnya. Dia salah satu santri paling sopan yang saya tahu. Tata bahasanya pun tersusun rapih, meski bukan basa-basi.
Saya pikir hubungan kami bakal kelar saat program Sukabakti Menghafal usai. Tetapi tidak, selepas jalan-jalan untuk para santri tergigih di Sukabakti Menghafal. Dia memutuskan untuk bergabung.
"Bu risma..... Insya allah nanti saya ikut mengaji bareng ya bu"
Saya jawab, "ok... semoga betah..."
Dan seperti waktu program Ramadhan. Bocah itu tetap dengan tekun memperhatikan saya. Dia bahkan tak mengobrol.
Di luar Rumah Quran pun dia tetap sopan. Dan saya tahu, dia tak hanya berlaku sopan kepada saya tetapi juga orang lain. Saya penasaran bagaimana sang ayah dan ibunya mendidiknya dengan baik di rumah.
Dan siang tadi, saat kami kerepotan membagikan makanan dan minuman karena kekurangan kru. Dia tak sungkan menawarkan bantuan, "boleh saya bantu ibu?"
Tentu saja dengan suka cita saya menyodorkan keranjang berisi makanan dan minuman. Dan masih banyak cerita lain tentang dia.
Sampai saya tulis di memoar, "Kamu sopan... Tapi saya belum jatuh cinta, gak tahu nanti sore atau besok."
Mengingat semakin kesini, kita semacam kehilangan generasi yang punya sopan-santun. Dan perilaku 'tak sopan' seseorang itu bisa menular seperti virus. Apalagi zaman sekarang seseorang yang sopan dibilang tidak gaul.
Mari kita doakan yang sopan menularkan kesopanannya kepada orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial