Perempuan itu Bernama Kartini

Image
(repost pernah dimuat di jakartakita.com)

Hari ini (21/4/2019), 140 tahun lalu lahirlah seorang Kartini yang dianggap sebagai tokoh wanita pengusung emansipasi wanita. Begitu istimewanya Raden Ajeng Kartini, hingga hari lahirnya setiap tahun selalu diperingati oleh seluruh warga Indonesia. Tak hanya sekedar dijadikan hari khusus setiap tanggal 21 April. Sejumlah seremonial simbolis pun menjadi bagian dari peringatan ini. Dari pawai keliling anak-anak yang berpakaian adat nasional, lomba kebaya, lomba memasak, dan lain-lainnya.
Seminar seputar peran serta perempuan di era modern yang katanya terinspirasi oleh perjuangan Kartini pun selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap peringatan. Kartini pun menjadi simbol dari sebuah pergerakan feminisme. Entah apakah mereka tahu apa sebenarnya arti feminisme. Apakah demikian yang dicita-citakan seorang Kartini?
Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara. Lahir sebagai perempuan dari kalangan ningrat yang me…

Flashback: Rumah Quran Ar Rahman Production



Catatan harian bertanggal 30 Juli 2017:

Masih ingat cerber yang dulu saya tulis di jakartakita.com  tentang Si Mirah Singa Betawi dari Marunda? Bagaimana jadinya kalau legenda itu dibuat versi visualnya?
Sudah sebulanan ini santri Rumah Quran Ar Rahman berlatih silat dari guru silat Betawi. Tujuannya selain untuk beladiri juga untuk proyek "Si Mirah" ini.
Saya yang malang melintang di dunia kepenulisan pernah nyebur juga di dunia teater panggung dan sinetron, kok ya tidak bisa mengerem gejolak batin untuk membuat sesuatu. Kebetulan santri-santri kita kooperatif, tim guru juga bersemangat, ibu-ibunya apalagi. Apalagi lingkungan kami memang kental dengan budaya Betawi.
Ya sudah kita buat pertunjukan aksi berdasar cerita Betawi yang 'kalah bunyi' dibanding si Pitung. Dengan fasilitas minim, ternyata mereka tetap semangat. Banyak yang semula pemalu, sekarang malah jadi 'banci tampil' kayak saya.
Ini dia kumpulan foto adegan hari ini. Fotografer yang juga adek saya tercinta Widya Hermawan bantu merekam. Tinggal buat pamflet ala movie beneran nih sama desain grafisnya Novan Ardana
Keren kan? Ini goloknya sama teknik silatnya beneran loh. Pemerannya anak SD-SMP.

Comments

Popular posts from this blog

Resolusi Tahun 2019

5 Blogger Favorit Saya

Liburan 'Backpacker' Kaum Jetset