MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Flashback: Kapan Aku Sekolah


Catatan harian bertanggal 21 November 2017:

Entah sudah berapa ribu kali, Sydney merengek minta sekolah. Sejak usia tiga tahun, ketika bocah-bocah sepantarannya satu persatu mulai menggendong tas mungil untuk pergi sekolah.

"I wanna go to school, mommy!"

"Nanti kalau sudah waktunya..."

Waktu usia 3-4 tahun saya masih bisa bilang, "Kamu masih terlalu kecil untuk sekolah. Takutnya bosen."
Lagipula bagi saya usia 3-4 tahun belum perlu lah sekolah. Toh dia tidak mengejar supaya lekas baca dan berhitung di usia dini.

Setelah langkah pertama di TK, masih ada belasan atau bahkan lebih 20 tahun sekolah kalau mau jadi profesor. Apa gak bosen kelamaan di sekolah?

Toh lagipula, Sydney punya mommy jebolan universitas bergengsi yang secara kasat mata 'nganggur'. Sydney bisa belajar apa saja dengan saya, kalau mau.

Dan yah kebetulan saya 'kutu buku' yang gemar mengkoleksi buku. Ketika punya anak, saya melengkapi koleksi buku anak terutama ensiklopedia. Alhasil saban hari, Sydney menagih minta dibacakan buku ensiklopedia atau buku cerita.

Tapi belakangan memang Sydney lebih suka dibacakan ensiklopedia dari soal tata surya, tumbuhan, hewan, manusia, bahkan revolusi Perancis. Dan nyebelinnya seperti kebanyakan bocah, satu bab yang menurut dia menarik minta dibaca berkali-kali.

Haduh! Kadang saya kurang sabar, banyak kerjaan rumah plus problematika hidup dan Sydney menagih kelanjutan bagaimana Mao Zedong akhirnya menanamkan komunis di Cina. Alamakjang....! Akhirnya saya yang cuma ngomel gak jelas, tapi dibacain juga.

Lain kali Sydney bertanya mengapa benda jatuh ke bawah? Saya ceritakan tentang gaya gravitasi. Lalu dia bertanya mengapa kecepatan tiap benda yang jatuh ke bawah berbeda. Maka saya jelaskan pakai percobaan ala hukum Newton.


Lain kali bertanya kenapa kalau pakai baju hitam di siang hari bolong terasa panas. Lalu kami buat percobaan kecil di luar saat siang bolong untuk membuktikan bagaimana warna dapat mempengaruhi kecepatan benda mengubah energi cahaya menjadi energi panas.

"Bagaimana seorang pilot menjawab kalau ditanya posisi ada dimana?" waduh! Maka saya kenalkan saja koordinat kartesius.

"Mengapa bentuk daun dan biji buah berbeda?" Maka saya kenalkan saja prinsip monokotil dan dikotil. Begitupun saya memperkenalkan animal kingdom, dari moluska, mamalia, burung, dan lain-lain.

Keinginan sekolah semakin menjadi-jadi sekarang. Hampir tiap jam dia minta disekolahin. Saya menjanjikan sekolah tahun depan. Selain karena saya masih 'mager' antar jemput sekolah, lagipula saya pikir Sydney tak perlu berlama-lama di TK. Dia akan bosan jika saya benar-benar mengirimnya sekolah TK A. Pasalnya, pengetahuan Sydney sudah melebihi kebanyakan anak seumurnya. Dan saya memang ingin menanamkan agama dulu sebelum dia memulai langkahnya di bangku sekolah.

"I wanna go to school..." Suatu hari Sydney sambil menangis.

"Mau ngapain di sekolah?" Tanya saya iseng.

"Ya belajarlah!"

"Loh selama ini kan sudah belajar sama mommy?"

"Tapi.... tapi..."

"Ya udah yuk sini, mommy kasih soal matematika. Nanti kamu isi ya. Pura-puranya kita di sekolah." Rayu saya.

Sydney yang masih sesenggukan pun menghapus air matanya. Dia antusias menanti saya kelar menulis soal matematika sederhana di papan tulis. Dia pun mengerjakan dengan riang gembira.

Masya Allah Tabarakallahu

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial