Lelaki Dayuts

Image
ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya (dayuts).” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain) Lalu siapakah lelaki Dayuts itu? Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu tetap menganggap baik pada keluarganya (padahal ada kemungkaran yang nyata -pen), kita berlindung kepada Allâh dari hal itu. [Al-Kabâ-ir, hlm. 137] Imam Ibnul Manzhûr berkata, “Dayûts adalah orang yang tidak cemburu kepada keluarganya”. [Lisânul ‘Arab, 4/456] Sedang Imam ‘Ali al-Qâri rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu dengan mendiamkannya. Yang masuk dalam ketagoeri keluarganya yaitu istriny…

Flashback: Ide RQ Ar Rahman on The Street

Catatan harian bertanggal 13 April 2018:

Sebulan lagi Ramadhan, Rumah Quran Ar Rahman sedang berbenah. Alhamdulillah ada lagi hamba Allah yang menitip sodaqah lewat kami yang berikhtiar membumikan Al Quran dengan cara kami.
Rencananya selain program yang ada di short presentation kemarin. Kita mau gelar "Rumah Quran Ar Rahman on The Street". Saya, seorang ustadz sekaligus bodyguard dan para santri pilihan yang kebetulan jago silat dan hafalannya paling cakep untuk turun ke jalan, ke pangkalan ojek atau pangkalan preman.
Mumpung Ramadhan, Insya Allah kita akan mengajarkan hafalan quran dengan metode Kauny yang kami pakai. Insya Allah, mereka dijamin bisa hafal beberapa ayat sesuai tajwid dan tahsin beserta arti, bahkan bisa menuliskannya. Siapa tahu beberapa ayat yang kami sampaikan bisa menjadi pintu hidayah buat mereka.
Ramadhan ini, Insya Allah jadi Ramadhan yang istimewa untuk kami. Kami juga ingin menularkan semangat menghafal quran ke banyak orang, meskipun mereka termasuk yang tidak terjangkau dari ghirah masjid.
Mohon doakan kami! Semoga kami istiqomah 😍

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Resolusi Tahun 2019