MENUNGGU

Image
  Semua orang pasti pernah menunggu. Menanti kepastian dengan harap-harap cemas sepertinya menjadi bagian dari episode hidup semua orang. Dari hal sepele, menunggu bus di halte bus, menunggu teman di tempat janjian yang sudah disepakati tetapi hingga sejam setelah waktu janjian dia belum datang juga. Atau menanti kepastian kapan surat lamaran kerja kita akan direspon oleh perusahaan yang diincar. Atau bahkan menunggu jodoh yang tak kunjung tiba. Saat menunggu, level kesabaran kita pun diuji. Dan saya yakin Tuhan tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kesabaran. Ada hamba-Nya yang cuma diuji kesabarannya sekedar menunggu angkot, taksi, atau pesawat terbang. Ada yang diuji kesabarannya saat menanti tanggal gajian datang padahal beras sudah habis. Ada juga yang diuji dengan seberapa sabar dia tabah menanti kekasih yang terpisah ribuan mil dalam jangka waktu tertentu. Ada juga yang diuji dengan kesabaran menanti jodoh yang tak kunjung tiba. Padahal teman-teman sebaya satu persatu sudah

Flashback: Guruku Muridku

Catatan harian bertanggal 26 Mei 2018:

Suatu pagi, pandangan mataku tertumbuk pada seorang perempuan hampir setengah baya, berkaca-mata dan berhijab lebar. Perempuan itu memejamkan mata, tangannya sibuk bergerak-gerak, mulutnya merapal ayat demi ayat yang baru saja saya sampaikan. Entah mengapa mata saya tak mau beralih padanya. Dia tampak familiar, tapi sungguh saya lupa dimana saya pernah jumpa padanya. Sepanjang sesi murojaah, saya terus memperhatikannya.
Mata teduhnya yang terhalang kacamata minus menatap saya penuh seksama dari kejauhan. Ia begitu tekun mendengar penjelasan saya.
Setelah kelas usai, saya pun tak bisa menahan diri untuk bertanya kepada bagian pendaftaran, siapakah perempuan itu? Rumahnya dimana?
Bu Eko menjawab, namanya Ibu Evi Syafriati, dia guru, tinggal di Pamulang. Seketika itu ingatan saya melayang jauh mundur bertahun-tahun lalu, saat saya masih gadis ingusan di bangku SMP.
Ada seorang guru perempuan berkacamata, berhijab lebar yang mengajar biologi di SMPN 87 Pondok Pinang. Namanya Evi Syafriati. Saat itu, dia mungkin satu-satunya guru berhijab syar'i. Dan dia bahkan satu-satunya perempuan berhijab syar'i yang pernah saya kenal saat itu.
Diam-diam saya mengaguminya. Bukan hanya karena kepandaian dalam mengajar, tetapi juga bagaimana cara dia bersikap. Saya yakin, kala itu dia baru saja lulus kuliah. Gadis muda yang memilih menjaga kehormatan dengan berhijab syar'i, kala hijab masih dianggap sebelah mata.
Saya pun sempat menghadiri pernikahannya. Pernikahan syar'i pertama yang saya hadiri kala itu. Tidak glamour, ada pembatas antara tamu laki-laki dan perempuan. Sederhana tapi khidmat.
Sayapun mencari nomer hape ibu Evi yang ternyata rumahnya cukup jauh dari kampung Sukabakti, di whatsapp group santri Sukabakti Menghafal. Gotcha! Saya pun memberanikan diri untuk memulai percakapan untuk mencari tahu apakah dia guru biologi saya waktu di SMP.
Dan ternyata BENAR!
Kelas berikutnya saya menyempatkan diri untuk berbincang dan berfoto berdua.
Takdir Allah. Berpisah sekian lama tak saling tahu keberadaan masing-masing. Akhirnya dipertemukan kembali di majelis ilmu. Cuma kali ini kami bertukar posisi, saya yang jadi gurunya dan beliau jadi
muridnya.

Masya Allah Tabarakallahu.

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

'Excellent Services' ala Rumah Sakit Hermina

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial