Lelaki Dayuts

Image
ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya (dayuts).” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain) Lalu siapakah lelaki Dayuts itu? Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu tetap menganggap baik pada keluarganya (padahal ada kemungkaran yang nyata -pen), kita berlindung kepada Allâh dari hal itu. [Al-Kabâ-ir, hlm. 137] Imam Ibnul Manzhûr berkata, “Dayûts adalah orang yang tidak cemburu kepada keluarganya”. [Lisânul ‘Arab, 4/456] Sedang Imam ‘Ali al-Qâri rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu dengan mendiamkannya. Yang masuk dalam ketagoeri keluarganya yaitu istriny…

Flashback: Bertemu Ibu Walikota Tangsel


Catatan harian bertanggal 5 Mei 2018:

Sepuluh hari lagi Ramadhan, dan kami tidak sabar menyambut Ramadhan kali ini. Kelas mengaji terpaksa diliburkan terlebih dahulu jelang program Sukabakti Menghafal. Pasalnya, saya dan panitia harus mempersiapkan program Ramadhan yang dimulai dari tanggal 10 Mei 2018 besok.
Meski libur, Rumah Quran Ar Rahman tetap ramai. Kelas hafalan dan tahsin terutama untuk para calon asisten guru mengaji di bulan Ramadhan tetap ada.

Pada saat yang bersamaan kami estafet mengerjakan printilan program Ramadhan yang tidak sedikit. Dari mulai berdiskusi dengan Walikota Tangerang Selatan Ibu Airin Rachmy Diany, TTIC Departemen Pertanian untuk koordinasi Bazaar Pasar Murah, hingga dekorasi istana kami di Rumah Quran Ar Rahman.
Sibuk parah, tapi senang. Kami saling menyemangati untuk tetap ikhlas walau tanpa dibayar. Sungguh, ridha dari Allah satu-satunya yang membuat kami bertahan.
*Ibu Airin Insya Allah mau datang ikut menghafal quran bersama santri Rumah Ar Rahman

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Resolusi Tahun 2019