Lelaki Dayuts

Image
ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya (dayuts).” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain) Lalu siapakah lelaki Dayuts itu? Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu tetap menganggap baik pada keluarganya (padahal ada kemungkaran yang nyata -pen), kita berlindung kepada Allâh dari hal itu. [Al-Kabâ-ir, hlm. 137] Imam Ibnul Manzhûr berkata, “Dayûts adalah orang yang tidak cemburu kepada keluarganya”. [Lisânul ‘Arab, 4/456] Sedang Imam ‘Ali al-Qâri rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu dengan mendiamkannya. Yang masuk dalam ketagoeri keluarganya yaitu istriny…

Flashback: Ayam Mas Koni


Catatan harian bertanggal 13 Juli 2017:

Sehari menjelang Jumat, biasanya saya sudah heboh berbelanja sayur dan lauk untuk di olah di hari Jumat berkah. Mas Koni, tukang sayur langganan saya pun sudah hafal dengan kebiasaan saya ini. Bahkan terkadang dia yang merancang apa yang akan dimasak dan buah apa yang cocok.

Pagi ini, Mas Koni datang sambil membawa pesanan saya. Rencananya esok saya mau memasak soto ceker dan pelengkapnya untuk makan siang anak-anak.

Selesai menyiapkan pesanan saya, Mas Koni mengambil salah satu ayam segarnya yang paling besar. Dia bilang, "Bu saya titip ya buat anak-anak"

"Serius nih?" kata saya membelalak. Meski hampir setiap Kamis saya berbelanja keperluan Jumat Berkah, Mas Koni selalu mendiskon harga, tapi baru kali ini Mas Koni menitipkan ayamnya untuk saya olah.

"Iya bu.... Saya juga mau sedekah bu...".

Saya tersenyum, "Alhamdulillah... Terima Kasih Mas Koni.... Barakallah!"

"Bantu doa ya bu, supaya saya dapat jodoh solehah"

"Aamiin... Insya Allah ya Mas Koni", saya tersenyum.

Lelaki berusia empat puluhan tahun itu tersenyum bungah.

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Resolusi Tahun 2019