Lelaki Dayuts

Image
ثَلاَثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِمُ الْجَنَّةَ مُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْعَاقُّ وَالْدَّيُّوثُ الَّذِى يُقِرُّ فِى أَهْلِهِ الْخُبْثَ “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya (dayuts).” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain) Lalu siapakah lelaki Dayuts itu? Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu tetap menganggap baik pada keluarganya (padahal ada kemungkaran yang nyata -pen), kita berlindung kepada Allâh dari hal itu. [Al-Kabâ-ir, hlm. 137] Imam Ibnul Manzhûr berkata, “Dayûts adalah orang yang tidak cemburu kepada keluarganya”. [Lisânul ‘Arab, 4/456] Sedang Imam ‘Ali al-Qâri rahimahullah berkata, “Dayûts adalah orang yang membenarkan keburukan pada keluarganya, yaitu dengan mendiamkannya. Yang masuk dalam ketagoeri keluarganya yaitu istriny…

Best Friend Forever


Kalau ada seseorang yang bisa saya panggil sahabat. Maka Selvi adalah salah satu yang pantas dipanggil sahabat. 

Dia salah satu yang menemani saya di saat-saat sulit sepanjang 10 tahun belakangan ini. Dia juga yang menemani malam-malam sepi saya. 

Masih ingat saat-saat saya menangis sesenggukan hingga menjelang pagi di kamar saya di lantai 20 apartemen saya waktu itu sambil memandang Jakarta di malam hari. Dia juga yang menemani saat-saat tergalau dalam hidup saya, keluyuran dari pagi sampai larut malam hanya untuk curhat.

Dia juga yang menemani saya saat saya menjalani masa pemulihan selepas kecelakaan. Dia juga yang membesarkan hati saya ketika saya berada di titik nol, dikejar mafia hingga seluruh akun email saya dijebol mata-mata.

Dia juga yang membuat saya tertawa terbahak-bahak ketika seharusnya saya menangis sejadi-jadinya. 

Bersahabat bukan berarti kita selalu damai. Tak jarang kita juga pernah berselisih paham dan tak saling sapa. Namun tak pernah bertahan lama karena kita saling terikat. 

Kapan kita kemana? Semoga kamu baca ini ya... Saya Rindu.

Comments

Popular posts from this blog

Sirplus, Solusi Minum Obat Puyer untuk Anak

Hijab Syar'i Tak Perlu Tutorial

Resolusi Tahun 2019